Masyarakat Komunitas Asean gelar bersih-bersih di Pantai Tanjung Pasir, Tangerang, 6 Desember 2017. Sasarannya adalah sampah-sampah plastik yang dapat merusak ekosistem laut. 

Menurut Direktur Direktorat Pembangunan Berkelanjutan Sekretariat Asean, Ky-Anh Nguyen, tingginya pertumbuhan ekonomi di negara Asean sebabkan produksi dan konsumsi juga meningkat tinggi. Hal ini menimbulkan tantangan bagi masyarakat Asean dalam mengelola sampah.

“Target kita adalah mengedukasi masyakat Asean untuk lebih peduli kepada lingkungan khususnya dampak penggunaan plastik terhadap perairan laut,” ujar Ky-Anh Nguyen.

Dalam kegiatan ini, 'bule-bule' juga antusias membantu membersihkan pesisir pantai. "Saya partisipatif untuk membantu (kebersihan lingkungan). Meskipun terlihat sedikit, tetapi saya harap bisa mendorong masyarakat lokal untuk aktif membantu. Apalagi saya bule," ujar Berthold Seibert, peserta asal Jerman yang bekerja di Filipina.

Dalam kegiatan ini turut serta perwakilan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, Bakamla, TNI AL, LSM peduli lingkungan, mahasiswa, hingga akademisi. Bersih-bersih pantai selama kurang lebih 2 jam oleh 48 orang ini, berhasil kumpulkan 31.5 Kilogram sampah yang terdiri dari sampah berbahan plastik, puntung rokok, hingga sandal.

FARABI FERDIANSYAH

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments