hero
Berkas penyidikan Setya Novanto. (ANTARA/Wibowo Armando)

EDITOR : ALFIAN SYAFRIL

6 Desember 2017, 21:30 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Komisi Pemberantasan Korupsi memeriksa 99 saksi selama proses penyidikan kasus korupsi KTP elektronik atas tersangka Ketua DPR Setya Novanto. Kepala Biro Humas KPK Febri Diansyah mengatakan, keseluruhan saksi diperiksa KPK sejak Novanto ditetapkan sebagai tersangka.

"Dari 99 orang, yang cukup banyak saksinya adalah dari pihak swasta ataupun dari konsorsium yang pernah diperiksa juga sebelumnya," kata Febri di kantornya, Rabu, 6 Desember 2017.

Kabiro Humas KPK Febri Diansyah. (ANTARA/Makna Zaezar)

Selain pihak swasta dan karyawan serta pejabat dari perusahaan peserta pengadaan dan anggota konsorsium pengadaan e-KTP, saksi untuk Novanto juga terdiri atas anggota DPR aktif dan mantan anggota DPR, PNS dan pensiunan PNS pada Kemendagri, Sekretaris Ditjen Dukcapil, mantan Mendagri, dan Dirjen Dukcapil. Saksi berikutnya adalah PNS BPPT, PNS LKPP, mantan Sekjen DPR RI, dan auditor dan PNS BPKP.

KPK, lanjut Febri, juga telah mengumpulkan sejumlah bukti, baik bukti dari dalam maupun dari luar negeri untuk menjerat Novanto. Dengan bukti itu KPK yakin dengan proses kasus Ketua Umum Partai Golkar itu di pengadilan nanti.

"Kami yakin dengan kekuatan bukti yang diajukan ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dan akan diproses di persidangan di Pengadilan Tipikor nanti," kata Febri.

Petugas membawa berkas penyidikan tersangka korupsi pengadaan KTP elektronik, Ketua DPR Setya Novanto saat tiba di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu, 6 Desember 2017. (ANTARA /Wibowo Armando)

Rabu sore ini, KPK telah melimpahkan berkas pokok perkara dan surat dakwaan atas nama terdakwa Novanto ke Pengadilan Tipikor Jakarta. Surat dakwaan pun telah dibagikan ke pihak Novanto.

"Dakwaan dan bekas perkara tersebut akan diserahkan ke pihak tersangka SN. Jadi sejak sore ini, maka berkas dan dakwaan tersebut sudah tidak hanya ada di KPK, tapi sudah disampaikan ke pengadilan negeri dan pihak tersangka SN," ujar Febri.

Setya Novanto memasuki mobil tahanan KPK. (ANTARA/Hafidz Mubarak A)

BACA JUGA:
Pengacara: Praperadilan Novanto Bisa Gugur

KPK saat ini menunggu penetapan majelis hakim dan jadwal persidangan yang akan ditentukan pengadilan.

"Jadi domainnya sekarang ada di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, sekarang tinggal menunggu penetapan majelis dan juga jadwal sidang. Namun secara paralel karena besok dijadwalkan sidang praperadilan, maka KPK akan hadir di sidang praperadilan tersebut," kata Febri.

NADIA SOEKARNO 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments