hero
Marsekal Hadi Tjahjanto. (ANTARA/Mohammad Ayudha)

EDITOR : ALFIAN SYAFRIL

4 Desember 2017, 12:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Presiden Joko Widodo mengajukan nama Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai calon Panglima TNI menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo. Jenderal Gatot akan memasuki masa pensiun pada Maret 2018 mendatang.

Pengajuan calon tunggal panglima baru TNI diserahkan Menteri Sekretaris Negara Pratikno lewat surat kepada Wakil Ketua DPR Fadli Zon.

"Tadi pagi Mensesneg menyampaikan surat dari Presiden terkait dengan rencana pemberhentian dengan hormat Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dari jabatan Panglima TNI dan digantikan oleh Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kepala Staf Angkatan Udara," kata Fadli Zon di Gedung DPR, Senin, 4 Desember 2017.

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo (kanan) berbincang dengan Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (kiri), November 2017. (ANTARA/Rosa Panggabean)

Surat, lanjut Fadli, akan segera dibahas dalam rapat pimpinan DPR. Rencananya rapat akan digelar Senin siang. "Surat biasanya akan dibacakan pada rapim, lalu dibawa dalam Bamus (Badan Musyawarah)," kata Fadli.

Setelah dibahas di rapat Bamus, lalu diagendakan uji kelayakan dan kepatutan oleh Komisi I DPR. Fadli mengharapkan proses dapat selesai sebelum DPR memasuki masa reses pada 13 Desember 2017.

"Kami harapkan sesuai dengan harapan Presiden dalam hal ini, menginginkan tidak terlalu lama artinya mudah-mudahan bisa kita selesaikan dalam masa sidang sekarang ini," jelas dia.

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo (kedua kiri) bersama KASAD Jenderal TNI Mulyono (kedua kanan), KASAL Laksamana TNI Ade Supandi (kiri) dan KASAU Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (kanan) melakukan salam komando seusai Rapim TNI 2017 DI Mabes TNI, Jakarta, Januari lalu. (ANTARA/M Agung Rajasa)

Sebelum menjabat KSAU, Hadi menjabat sebagai Sekretaris Militer Presiden dari 27 Juli 2015. Setelahnya ia dipromosikan menjadi Irjen Kementerian Pertahanan.

NOVITA SARI TAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments