hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

3 Desember 2017, 09:05 WIB

PAREPARE, INDONESIA

Sosok pahlawan bukan hanya orang yang berjuang dengan senjata. Tapi juga buat mereka yang membantu sesama dan memberdayakan lingkungan sekitarnya. Seperti yang dilakukan oleh Muhammad Takbir, pemerhati lingkungan sekaligus pengusaha kopi dari Parepare, Sulawesi Selatan.

Awalnya pria berkacamata ini prihatin dengan banyaknya sampah di pesisir Pantai Cempae, Kecamatan Soreang. Dia kemudian membuat tempat sampah dari drum bekas yang disebar di area perumahan warga. Semua dilakukan atas inisiatif pribadi dan dananya sendiri.

Muhammad Takbir. (NET.CJ/Roedy Hartono)

Selain itu, Takbir juga dikenal sebagai pemilik warung kopi ternama di Pare-pare. Tapi warung kopinya tidak biasa. Bukannya memanfaatkan kopi Arabica yang disukai banyak orang, dia justru memanfaatkan kopi jenis Robusta. Takbir ingin memberdayakan petani kopi Robusta yang sempat kecewa, karena tanaman olahan mereka jarang dimanfaatkan.

“Kopi ini sering dinomorduakan oleh para penikmat. Tapi seiring waktu, orang-orang mulai beralih. Jadi petani robusta juga senang karena kopi mereka banyak dipakai,” jelas Takbir.

Muhammad Takbir. (NET.CJ/Roedy Hartono)

Sekarang dengan kemampuan meraciknya, kopi robusta di tangan Takbir bisa dinikmati banyak orang. Tidak hanya memberdayakan petani, Takbir juga melibatkan mahasiswa untuk membantu di warung kopinya.

Sejumlah mahasiswa ada yang berasal dari daerah penghasil kopi robusta. Mereka bahkan ikut memasok kopi untuk kebutuhan di warung milik Takbir.

Kopi. (NET.CJ/Roedy Hartono)

Bagi para pekerjanya, Takbir dinilai sebagai sosok pahlawan. “Saya bisa bilang bahwa dia lebih dari pahlawan karena dia sosialis. Dia merangkul semua anak yang berasal dari berbagai daerah dan dianggap keluarga,” cerita Lukman, salah satu karyawan di warung kopi.

Sekarang, Takbir terus mengembangkan usaha kopinya yang sudah memiliki puluhan cabang di Sulawesi Selatan. Tentunya sambil memberdayakan masyarakat sekitarnya untuk menjaga kebersihan lingkungan dan memanfaatkan hasil perkebunan lokal.

NET.CJ ROEDY HARTONO

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments