hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

16 November 2017, 14:00 WIB

INDONESIA

Cola memang menjadi minuman favorit banyak orang. Apalagi dikonsumsi saat hari panas. Cola yang dingin dan manis dapat memberikan rasa segar di hari yang panas.

Akan tetapi, di balik kesegaran sekaleng cola, terdapat bahya yang mengancam tubuh jika dikonsumsi berlebihan. Banyak studi terbaru yang menunjukan bahwa mengonsumsi soda setiap hari mulai mendatangkan malapetaka pada asupan makanan kamu tanpa kamu menyadarinya.Berikut ini adalah alasan mengapa kamu harus menghindari mengonsumsi soda sehari-hari.

8. Kekurangan Vitamin

Asam fosfor yang terkandung dalam soda bersama dengan kafein, yang memiliki efek diuretik, akan mulai menghilangkan nutrisi dan vitamin dari tubuh kamu 60 menit setelah kamu meminumnya. Bayangkan kalau hal itu terjadi setiap hari. Begitulah caranya kekurangan vitamin berawal.

7. Erosi Gigi

Kandungan asam dan gula yang tinggi dalam soda menyebabkan enamel gigi terkikis dan gigi berlubang. Jika ditambahkan dengan rendahnya jumlah kalsium karena kekurangan vitamin, kamu bisa berakhir dengan gigi yang keropos dari dalam dan luar.

6. Kecemasan

Bersama dengan kurangnya tidur, kecemasan merupakan efek samping dari konsumsi kafein. Setiap kaleng soda mengandung kafein yang jumlahnya sama dengan secangkir kopi kental. Hal ini juga terbukti sangat adiktif, jadi sekali kamu memutuskan untuk mengurasi dosisnya kamu akan mengalami pusing, lekas marah, kelelahan, atau bahkan depresi.

5. Obesitas

Ketika berbicara mengenai kelebihan berat badan, tidak selalu tentang bagaimana penampilan kamu tapi lebih ke bagaimana kamu merasakan tubuh kamu. Kelebihan berat bukan sendiri bukan masalah utamanya, tapi peningkatan tekanan pada sistem imun dan sistem jantung serta tekanan pada sendi dan tulang, yang bahkan telah melemah karena kurangnya kalsium.

4. Masalah Kulit

Minum soda setiap harinya punya akibat yang sama pada kulit kamu seperti merokok. Mengonsumsi soda memiliki efek pembengkakan pada tubuh karena tinggi level gula. Hal ini akan mengiritasi kulit, mendorong munculnya garis-garis halus dan keriput. Soda juga mempercepat penuaan kulit, membuatnya kendur dan kusam. Memperbesar eksim, kulit menjadi sangat kering, gatal, meradang, dan timbul jerawat.

3. Masalah Jantung dan Tekanan Darah

Peningkatan level kolesterol jahat juga meningkatkan risiko serangan jantung. Jika kamu hanya mengonsumsi satu kaleng soda sehari, kamu akan segera menderita karena tekanan darah tinggi. Dan wanita yang mengonsumsi soda dalam jumlah itu akan lebih mudah terkena diabetes tipe dua.

2. Risiko Kanker

Minum soda setiap hari memang belum berarti kamu akan terkena kanker, tapi karena adanya molekul bezena pada cola dan pada kemasan plastiknya, dokter merekomendasikan untuk mengonsumsi satu kaleng cola dalam satu minggu untuk mengurangi risiko kanker.

1. Gagal Ginjal

Jika kamu berpikir memilih soda diet lebih aman, maka kamu salah. Cola tanpa kandungan gula mungkin tidak mengandung gula sama sekali. Akan tetapi, cola itu mengandung pemanis buatan yang sangat tidak sehat bagi ginjal kamu. Terutama kalau kamu kecanduan dan mengonsumsinya setiap hari.

BRIGHTSIDE

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments