hero
Wiranto. (ANTARA/Wahyu Putro A)

EDITOR : ALFIAN SYAFRIL

16 November 2017, 19:40 WIB

KOTA BOGOR, INDONESIA

Pemerintah enggan mencampuri proses hukum yang menimpa Ketua DPR Setya Novanto. Pernyataan tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto.

Setya Novanto belum diketahui keberadaannya setelah penyidik KPK menyambangi rumahnya Rabu malam. KPK juga menerbitkan surat perintah penangkapan terhadap Novanto. Meski begitu, Wiranto menegaskan pemerintah tidak akan ikut campur.

"Kita sudah mendengarkan penjelasan Presiden bahwa pemerintah, eksekutif, tidak akan mencampuri urusan yudikatif. Pemerintah tidak akan masuk intervensi ke masalah hukum," kata Wiranto di sela rapat terbatas di Istana Bogor, Kamis, 16 November 2017.

Wiranto menambahkan, siapa pun yang terlibat masalah hukum, harus mematuhi apa yang disepakati dalam permasalahan hukum. Wiranto menegaskan, jangan sampai ada suatu indikasi tertentu tujuan tertentu bahwa pemerintah selalu mencampuri urusan hukum. "Justru tidak, justru kita selalu menghormati hukum dan menyelesaikan permasalahan dengan cara-cara hukum," tambahnya.

BACA JUGA:
Mahfud MD Sebut Setya Novanto Ketua DPR Terburuk Selama Reformasi
Polda Metro Jaya Siap Bantu KPK Cari Setya
Sebelum 'Kabur' dari KPK, Setya Novanto Kembali Ajukan Praperadilan

Wiranto memastikan, tidak ada instruksi khusus pemerintah kepada kepolisian terhadap kasus Novanto. "Kembali tadi bahwa tidak ada satu keinginan sedikit pun dari pemerintah untuk mencampuri urusan hukum yang sedang berjalan," tegasnya.

KPK menetapkan Novanto sebagai tersangka kasus dugaan korupsi proyek pengadaan KTP elektronik pada Jumat pekan lalu. KPK berkali-kali memanggil Novanto untuk diperiksa. Novanto selalu mangkir dari pemanggilan.

BACA JUGA:
Jusuf Kalla: Dikejar KPK Setya Novanto Malah Lari
Aburizal Bakrie Datang ke KPK, Terkait Setya Novanto?
Curhatan Istri Setya Novanto ke Idrus Marham

Tim penyidik mendatangi rumah Novanto di Jalan Wijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Novanto tak berada di rumah saat disatroni penyidik . Hingga saat ini, Novanto belum diketahui di mana rimbanya.

PRIHARDANI PURBA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments