hero
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD)Jenderal TNI Mulyono (kanan) menyampaikan pidato saat memimpin upacara peresmian prasasti tulisan tangan presiden RI Pertama Soekarno di komplek Akademi Militer Magela

EDITOR : REZA ADITYA

11 November 2017, 15:00 WIB

PAPUA, INDONESIA

Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Mulyono mengatakan saat ini institusinya sedang negosiasi dengan kelompok  bersenjata yang menyandera 1.300 warga di dua desa sekitar Tembagapura, Papua. Mulyono berharap negosiasi berjalan sukses.

"Mudah-mudahan tidak ada apa-apa," kata Mulyono, di Magelang, Jawa Tengah, Sabtu, 11 November 2017. "Personel ada banyak, gabungan dengan Polri dengan Brimob."

Rekaman video amatir penyanderaan di dua desa di Papua.(NET)

 

Menurut Mulyono institusinya akan semaksimal mungkin menggunakan pendekatan persuasif dengan kelompok bersenjata untuk membebaskan warga di Desa Kimbely dan Desa Banti.  Dia tak ingin pembebasan warga itu dilakukan dengan kekerasan.

"Kami punya satuan yang punya kemampuan untuk itu," ujar dia. "Sehingga ya untuk melaksanakan tugas ini, kami pilih orang-orang yang mempunyai spesifikasi untuk itu."

Sudah lebih dari tiga hari 1.300 warga di dua desa di Tembagapura, Papua disandera kelompok kriminal bersenjata. Mereka diperbolehkan beraktivitas namun dilarang keluar dari desanya.

Video amatir kelompok kriminal bersenjata menyandera warga di dua desa di Papua. (NET)

 

Sebelumnya, Kepala Kepolisian Daerah Papua Inspektur Jenderal Boy Rafli Amar mengatakan penyanderaan itu buntut dari konflik kelompok bersenjata dengan aparat keamanan yang terjadi sejak Oktober 2017.

Pada saat itu, komplotan bandit menembaki kartawan PT Freeport yang sedang melakukan perjalanan berangkat kerja. Konflik kemudian terjadi lagi pada awal November 2017 antara gembong bersenjata dengan pasukan Brimob selama dua hari.

WIDODO SETIAWAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments