hero

EDITOR : AULIA RAHMAT

7 November 2017, 09:00 WIB

INDONESIA

Dalam 2 hari terakhir WhatsApp menjadi buah bibir di kalangan warganet Indonesia. Aplikasi pesan instan bikinan California itu dilaporkan mengandung konten animasi bergerak yang menjurus ke pornografi.

Kementerian Komunikasi dan Informatika pun bergerak cepat dengan mengirim surat peringatan kepada sang induk perusahaan mereka, Facebook. Jika 2x24 jam mereka tak merespon korespondensi ini, Kominfo akan memblokir layanan pesan instan terbesar di dunia itu.

Pemerintah memang sedang kencang-kencangnya mengatur regulasi para raksasa digital dunia yang bermain di Indonesia. Ini dilakukan mengingat banyaknya warga Indonesia yang menggunakan berbagai macam jenis aplikasi tersebut.

Di Indonesia, WhatsApp merupakan aplikasi pesan singkat terpopuler. (PIXABAY)

Lantas seberapa penting (dan besarnya) WhatsApp sehingga sorotan kuat pemerintah selalu membayang-bayangi perusahaan tersebut? Berikut sedikit uraian mengenai postur bisnis WhatsApp di Indonesia.

WhatsApp merupakan aplikasi pesan singkat yang memungkinkan penggunanya mengirim pesan, foto, video, dan beragam file lainnya dengan gratis.

Pada tahun 2014, Facebook mengakuisisi WhatsApp dengan mahar senilai 16 miliar dolar AS. Pada saat dibeli, WhatsApp telah memiliki 450 juta pengguna bulanan, 70 persen diantaranya merupakan pengguna aktif. 

Pada tahun 2016, perusahaan analisa digital Similar Web melaporkan: WhatsApp merupakan aplikasi pesan singkat terpopuler di dunia. Hasil itu didapat setelah menganalisa data pengguna Android di 87 negara. WhatsApp memimpin sebagai aplikasi favorit di 109 negara, atau 55,6 persen dari seluruh negara di dunia. 

Pada tahun 2014, Facebook mengakuisisi WhatsApp dengan mahar senilai 16 miliar dolar AS. (PIXABAY)

Di Indonesia, WhatsApp merupakan aplikasi pesan singkat terpopuler. Mereka memiliki pengguna sebanyak 35,8 juta. Laporan comScore menyebut, WhatsApp adalah aplikasi terbanyak yang diunduh pengguna setelah aplikasi wajib Android, Google Play. 

Tak hanya memiliki pengguna terbanyak, WhatsApp pun menjadi salah satu aplikasi yang sering digunakan, setelah Facebook dan Line. Hal ini terlihat dari rata-rata waktu yang dihabiskan oleh pengguna di dalam aplikasi tersebut, yaitu delapan jam per bulan.

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments