hero

EDITOR : AULIA RAHMAT

6 November 2017, 16:20 WIB

INDONESIA

Konten GIF berbau pornografi di layanan WhatsApp ramai diperbincangkan warganet sejak Minggu sore (5/11). GIF atau Graphics Interchange Format merupakan format animasi sederhana yang dirancang untuk menambah keseruan dalam berkirim pesan. Sejatinya, gambar GIF di aplikasi milik Facebook itu bukan diproduksi oleh WhatsApp, melainkan Giphy dan Tenor. Dua perusahaan penyedia piranti lunak untuk memproduksi konten bergerak.

"Nah kalau kita lihat konten GIF di sini merupakan layanan dari pihak ketiga yang terkoneksi dengan WhatsApp," ungkap Samuel Pangerepan, Dirjen Aplikasi dan Informatika Kominfo.

Untuk mengaksesnya, pengguna hanya perlu masuk ke halaman chating lalu mengklik tombol emoji. Setelah itu terdapat pilihan GIF di sana, pengguna bisa memilih berbagai macam jenis video pendek dengan cara menuliskan kata kunci di kolom pencarian. 

GIF pertama kali dibikin pada tahun 1987 oleh perusahaan Compuserve. Berbeda dengan JPEG dan PNG, GIF menggunakan kompresi lossless yang tidak menurunkan kualitas gambar.

Meski demikian, GIF memiliki kombinasi warna yang jauh lebih sedikit dibanding JPEG. Bitmap jenis ini hanya mendukung 256 warna. Format itu berukuran kecil yang terdiri dari banyak frame sehingga bisa disebut sebagai gambar bergerak atau animasi. Format ini sering digunakan di internet untuk menampilkan gambar-gambar di web.

MARIA CITRA | AJI PRAMONO​

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments