hero
Pangeran Alwaleed bin Talal dan Raja Salman. (TWITTER/@Alwaleed_Talal)

EDITOR : ALFIAN SYAFRIL

5 November 2017, 11:24 WIB

ARAB SAUDI

Pemerintah Arab Saudi menangkap 11 pangeran termasuk miliarder Alwaleed bin Talal, Sabtu, 4 November 2017. Penangkapan dilakukan atas perintah komite anti-korupsi Saudi yang dipimpin putra mahkota kerajaan, Mohammed bin Salman.

Selain itu penangkapan juga dilakukan pada empat menteri yang tengah menjabat dan puluhan mantan menteri.

Kabar penangkapan tersebut diberitakan media Saudi, Al Arabiya. Menurut Al Arabiya seperti dikutip The New York Times, penangkapan tersebut disetujui secara resmi oleh pemerintah Arab Saudi.

Pangeran Alwaleed bin Talal. (TWITTER/@Alwaleed_Talal)

Dilansir The New York Times, penangkapan para pangeran dan pejabat pemerintahan diduga sebagai langkah untuk mengkonsolidasikan kekuatan Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Dikutip Daily Mail, penangkapan tersebut dilakukan kurang dari dua minggu setelah Pangeran Mohammed menyambut ribuan raksasa bisnis global ke Riyadh untuk sebuah pertemuan puncak investasi. Pertemuan ini disinyalir sebagai bentuk dorongan reformasi ekonomi Saudi era pasca-minyak.

Komite anti-korupsi yang berwenang menangkap para pangeran dan pejabat itu juga melakukan aksinya hanya beberapa jam setelah dibentuk. Al Arabiya mengatakan, komite memiliki hak untuk menyelidiki, menangkap, melarang melakukan perjalanan, atau membekukan aset siapa pun yang dianggap melakukan korupsi.

Putra Mahkota Mohammed bin Salman dan Raja Salman. (REUTERS)

Sementara penangkapan Pangeran Alwaleed dan pangeran lainnya akan berdampak pada pemerintahan kerajaan sekaligus ekonomi dunia. Pangeran Alwaleed adalah salah satu orang terkaya di dunia.

Dia memegang saham utama di sejumlah perusahaan seperti Twitter, Apple, Time Warner, Citigroup dan banyak perusahaan terkenal lainnya. Alwaleed juga mengendalikan jaringan televisi satelit di Saudi dan negara Arab lainnya.

THE NEW YORK TIMES | DAILY MAIL | REUTERS | ASSOCIATED PRESS

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments