hero
Pangeran Alwaleed bin Talal. (www.alwaleed.com.sa)

EDITOR : ALFIAN SYAFRIL

5 November 2017, 12:55 WIB

ARAB SAUDI

Pangeran Arab Saudi Alwaleed bin Talal termasuk di antara 11 pangeran yang ditahan dan diselidiki oleh komite anti-korupsi Arab Saudi. Kepastian tersebut disampaikan pejabat senior Saudi kepada Reuters Minggu, 5 November 2017.

The New York Times menyebut penangkapan Pangeran Alwaleed akan berdampak pada pemerintahan kerajaan sekaligus ekonomi dunia. Pasalnya, Alwaleed adalah salah satu orang terkaya di Arab Saudi bahkan dunia.

Alwaleed dengan latar belakang Kingdom Holding. (www.alwaleed.com.sa)

Menurut Forbes, Alwaleed adalah orang yang mengendalikan perusahaan investasi Kingdom Holding. Perusahaan ini memiliki saham di banyak perusahaan terkemuka dunia, di antaranya Citigroup dan Twitter. Data lain menyebut Alwaleed memiliki saham di Time Warner, Apple, Motorolla dan perusahaan kelas dunia lainnya.

Melalui Kingdom Holding, Alwaleed juga memiliki Hotel Georde V di Paris dan saham Plaza Hotel di Manhattan. Dia juga mengendalikan jaringan televisi satelit di negara jazirah Arab.

Alwaleed berpose dengan kuda peliharaannya. (www.alwaleed.com.sa)

Menurut perkiraan Forbes, pangeran berusia 62 tahun itu memiliki kekayaan bersih sebesar 18,7 miliar dollar AS. Selain karena kekayaannya, Alwaleed dikenal di dunia barat karena mendukung hak perempuan Saudi untuk mengemudi.

Menurut The New York Times, Alwaleed juga termasuk dalam bagian dari sekelompok investor yang membeli saham mayoritas Plaza Hotel New York dari Donald Trump. Alwaleed juga pernah membeli sebuah kapal pesiar mahal dari Trump.

Twit Alwaleed yang mengkritik Donald Trump. (Screenshot nytimes.com)

Alwaleed pernah mengkritik Trump di Twitter. Dalam cuitannya pada 12 Desember 2015 lalu, Alwaleed menulis, "aib tak hanya untuk Partai Republik tetapi untuk bangsa Amerika Serikat".

Trump langsung membalas cuitan tersebut. Trump menyebut menyebut Alwaleed berusaha mengendalikan politisi AS dengan menggunakan uang ayahnya.

BACA JUGA:
11 Pangeran Saudi Ditangkap, Termasuk Miliarder Alwaleed

Salah satu aktivitas Alwaleed yang diunggah ke media sosialnya. (TWITTER/@Alwaleed_Talal)

Sebelum bersilang pendapat dengan Trump, Alwaleed juga pernah ditolak oleh Wali Kota New York Rudolph Giuliani. Kala itu Alwaleed menyumbang uang 10 juta dolar AS untuk korban tragedi 11 September. Namun, Giuliani mengembalikan sumbangan setelah Alwaleed mengomentari kebijakan luar negeri AS terutama di Timur Tengah.

REUTERS | FORBES | THE NEW YORK TIMES

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments