hero
(ANTARA)

EDITOR : REZA ADITYA

4 November 2017, 13:40 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta Silvia Halim meminta maaf atas jatuhnya dinding beton proyek di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Jumat malam. Akibat insiden itu, satu sepeda motor rusak parah. Beruntung pengemudinya hanya luka ringan.

"Kami mohon maaf kepada semua pihak yang terdampak, masyarakat sekitar lalu lintas," ujar Silvia Halim, Sabtu, 4 November 2017. "Terutama kepada satu orang yang mengalami luka. Motor dan laptopnya rusak karena kejadian tadi malam."

Petugas mengevakuasi pagar pembatas beton (parapet) yang jatuh ketika dilakukan pemasangan di atas deck girder proyek Mass Rapid Transit (MRT) di kawasan Panglima Polim, Jakarta, Jumat,3 November 2017. (ANTARA)

 

Silvia mengatakan semua kerugian yang dialami korban terdampak akan ditanggung perusahaannya. Dia menduga jatuhnya dinding pembatas beton proyek MRT itu karena kelalaian kontraktor.

Menurut Silvia, insiden terjadi sekitar pukul 21.00 WIB. Pada saat itu, kata dia, perusahaanya akan memasang overhead catanary system (OCS) Parapet  menggunakan crane. Ketika sedang memasang, crane yang digunakan untuk lifting hilang keseimbangan.

"Karena kehilangan keseimbangan, akirnya parapet yang sedang dilifting dan sedang digantung jatuh ke jalan," ujar Silvia. "Untungnya tidak jatuh meluncur karena tertahan oleh crane itu sendiri."

Petugas mengevakuasi pembatas beton proyek mass rapid transit (MRT) yang roboh di kawasan Panglima Polim, Jakarta, Jumat,3 November 2017. (ANTARA)

 

Silvia menuding ada standar operasional yang tidak dilakukan dengan baik oleh para pekerja. "Kami sepakati metode kerja yang aman. Kemudian kami mendapat kalau koordinasinya juga ada kekurangan."

Menurut Silvia, perusahaanya saat ini sedang melakukan investigasi mendalam mencari penyebab pasti jatuhnya beton pembatas itu.  "Penting kami cari tahu masalahnya apa, melakukan tindakan perbaikan supaya kejadian ini tidak terulang lagi."

LARAS PUSPITORINI | HAFIZH BAIHAKI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments