hero
(NET)

EDITOR : REZA ADITYA

27 Oktober 2017, 11:30 WIB

SUMATERA SELATAN, INDONESIA

Kantor Urusan Agama Kecamatan Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, memanggil keluarga Cindra, calon pengantin yang akan menikahi dua perempuan sekaligus. Pemanggilan itu terkait dengan kelengkapan administrasi poligami.

"Nah kalau untuk kasus menikahi dua wanita sekaligus, artinya kami selaku aparatur pemerintahan silakan mereka untuk kawin resmi, " kata Kepala KUA Sekayu Mochamad Yani, Jumat, 27 Oktober 2017. 

Foto Cindra bersama Indah Lestari. (NET)

 

BACA JUGA:
Kata Kemenag soal Pria yang Akan Nikahi Dua Wanita Sekaligus

Namun menurut Yani, calon pengantin harus melengkapkan berkas administrasi pernikahan poligami. Jika tidak, maka Yani secara tegas kan membatalkan pernikahan Cindra dengan Indah Lestari dan Perawati. 

"Pada prinspinya kami selaku aparatur negara tidak melegalkan untuk kawin sirih," ujar Yani. "Kami berhak menolak pernikahan tersebut, karena tidak melengkapi persyaratan yang diminta."

Yani memberikan tenggat kepada pihak keluarga calon pengantin selama 10 hari untuk melengkapi administrasi poligami. Dalam UU Perkawinan disebut syarat poligami harus mendapat persetujuan dari Pengadilan Agama setempat.

Foto Cindra bersama Perawati. (NET)

 

Selain itu, Cindra juga harus mendapat persetujuan dari istri pertama untuk melakukan poligami. Cindra sedianya akan terlebih dahulu menikahi Indah Lestari pada 6 November 2017.

Berdasarkan aturan, setelah menikah Cindra harus mendapat surat persetujuan dari Indah untuk menikah lagi. Surat persetujuan itu kemudian digunakan sebagai legitimasi Cindra menikahi Perawati.

Akad nikah Cindra dan Perawati sesuai undangan yang telah disebar akan berlangsung pada 8 November 2017. Cindra harus bisa memenuhi syarat yang telah ditentukan KUA.

KUA Sekayu mengadakan pertemuan dengan orang tua Cindra dan kepala daerah setempat terkait perkawinan. (NET)

 

Cikdang, ayahanda dari Cindra, pusing atas syarat yang ditentukan KUA. Karena menurut dia, undangan telah disebar kepada 1.000 tamu undangan, namun terkendala di urusan administrasi.

"Saya belum bisa jawab," ujar Cikdang. "Hanya diam pusing kepala mikir ini. Tapi saya pasti saya merestui." Cikdang optimistis syarat yang ditentukan KUA akan selesai sebelum hari pernikahan anaknya dengan dua orang perempuan.

ARDHIANSYAH NUGRAHA 

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments