hero

EDITOR : ALFIAN SYAFRIL

24 Oktober 2017, 17:25 WIB

BANJARMASIN, INDONESIA

Siti Raisa Miranda belum sepenuhnya sadar hingga kini. Miranda atau yang kerap disapa Echa itu sudah tidur panjang sejak Jumat, 13 Oktober 2017 lalu.

Tiga belas hari tidur, Echa sempat terbangun beberapa kali, termasuk pada Senin, 23 Oktober 2017. Echa terbangun dalam kondisi setengah sadar. Setelah bangun Echa kembali melanjutkan tidurnya.

Echa tertidur di rumahnya di Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. (NET/Akbar Laksana)

Mulyadi, ayah Echa mengatakan, selama tidur panjang, gadis yang duduk di bangku kelas 7 SMP itu, sempat terbangun beberapa kali, namun tetap tidak sadar sepenuhnya. Terkadang Echa juga mengigau sebelumnya kembali terlelap di rumahnya di Jalan Pangeran, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

"Seperti orang linglung, tatapan matanya kosong, dia bangun tapi kesadarannya nggak ada,” kata dia.

Mulyadi sudah menggunakan berbagai cara untuk membangunkan Echa. Dari menggelitik hingga mencubit pelan, namun usaha itu tetap sia-sia. "Setiap hari kami bangunkan. 'Echa bangun sekolah, biar nggak ketinggalan pelajaran'. Tapi, tetap tak ada respon," cerita Mulyadi.

Mulyadi dan Echa yang tengah tertidur. (NET/Akbar Laksana)

Anak kedua dari empat bersaudara pasangan Mulyadi dan Lili ini sudah tiga kali mengalami tidur panjang. "Pertama kali, tidur tiga hari tiga malam. Kedua, tujuh hari tujuh malam. Terakhir ini, sebelas hari sepuluh malam tidur total (tanpa terbangun)," kata Mulyadi.

Menurut Mulyadi, tidur panjang Echa bermula saat mengalami kecelakaan setahun lalu. Pasca-kecelakaan, Echa kesulitan tidur. "Nggak bisa tidur itu sampai lima kali terjadi," sambungnya.

Ayah dan kerabat Echa sang 'putri tidur'. (NET/Akbar Laksana)

Lepas dari kesulitan tidur, Echa malah terkena sindrom tidur panjang selama berhari-hari. Melihat keanehan sang buah hati, Mulyadi memeriksakan Echa ke dokter.

"Ke dokter umum sudah, psikiater sudah. Bahkan non-medis seperti rukiah sudah juga. Hasilnya Echa tetap tidur. Belum ada perubahan, belum ketemu penyakit sebenarnya," ungkap Mulyadi.

Belum diketahui apa penyakit yang diderita Echa. (NET/Akbar Laksana)

BACA JUGA:
Dokter: Tidur Panjang, Asupan Nutrisi Echa Harus Terpenuhi

Meski tertidur panjang, Mulyadi dan istri tetap berusaha menyuplai nutrisi untuk Echa. Orang tua Echa bergantian menyuapi makanan dan minuman, meski dalam kondisi tertidur. Kadang Echa bisa menelan, kadang tidak.

Galau dengan kondisi Echa, Mulyadi berharap dapat mengetahui pasti penyakit apa yang sebenarnya menimpa putrinya.

AKBAR LAKSANA 

23

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments