hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

23 Oktober 2017, 06:05 WIB

KAB. BREBES, INDONESIA

Safety riding atau berkendara dengan aman menjadi satu hal yang mesti dipatuhi setiap pengemudi kendaraan. Hal ini menjadi perhatian sekelompok siswa SMK Negeri 1 Bulakamba, Brebes, Jawa Tengah dengan menciptakan kreasi helm safety riding.

Helm dilengkapi alat seperti sirine yang terhubung dengan alarm di motor. Alat akan berbunyi ketika kontak motor sudah dalam keadaan ON.

Helm safety riding. (NET/Triyono Saefulloh)

“Pertama, fungsi utamanya sebagai pengingat pada pengendara motor untuk memakai helm sebelum berkendara. Pastikan juga helmnya berbunyi klik, kalau sudah dari kendaraan ada sinyal suara dua kali,” jelas Maulana Aziz, salah satu siswa kreator saat ditemui Selasa, 10 Oktober 2017.

Jika helm sudah terpasang baik sampai berbunyi klik, pengemudi baru dapat menjalankan motornya. Tapi kalau pemakaian helm belum benar, motor tidak akan bisa digunakan meski kunci kontak sudah terpasang. Lewat pengaturan ini, kendaraan roda dua juga bisa aman dari aksi pencurian.

Helm safety riding. (NET/Triyono Saefulloh)

Helm safety riding buatan siswa SMK ini sudah digunakan pada beberapa sepeda motor milik Satlantas Polres Brebes. Mereka menyambut baik adanya kreasi ini karena dapat mendorong masyarakat untuk tertib berlalu lintas dan berkendara.

“Banyak kecelakaan timbul karena tidak pakai helm. Jadi kita kerjasama dengan SMK Bulakamba untuk berinovasi mengingatkan (masyarakat) bahwa helm itu satu kebutuhan,” kata AKP Arfan Zulkan Sipayung, Kasat Lantas Polres Brebes.

Helm safety riding. (NET/Triyono Saefulloh)

Helm safety riding berhasil menyabet juara dua dalam ajang Safety Riding Nasional yang berlangsung di Medan pada 2016 lalu. Inovasi ini diharapkan dapat diproduksi massal untuk mengurangi angka kecelakaan dan kriminalitas dari aksi pencurian sepeda motor.

TRIYONO SAEFULLOH 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments