hero

EDITOR : ALFIAN SYAFRIL

22 Oktober 2017, 17:15 WIB

JAKARTA, INDONESIA


Presiden Joko Widodo termasuk pemimpin negara yang memanfaatkan media sosial untuk berkomunikasi dengan rakyat. Tak hanya Facebook, Twitter dan Instagram, Presiden Jokowi juga menjajal medsos berbagi video Youtube.

Hingga saat ini, Jokowi telah mengunggah 276 video di akun Youtube resminya "Presiden Joko Widodo". Video pertama yang diunggah adalah "Presiden Jokowi: Turun ke Bawah, Selesaikan Masalah di Lapangan" pada 27 Mei 2016.

Tidak hanya video rapat koordinasi, rapat terbatas hingga blusukan ke berbagai daerah, Presiden juga memanfaatkan Youtube untuk membuat video blog (vlog). Di akun Youtube, vlog Jokowi dikelompokkan dalam playlist tersendiri dan diberi judul #JKWVlog.

Vlog pertama yang diunggah Jokowi adalah "Olahraga Memanah : Fokus, Konsentrasi, Ada Target dan Sasaran". Sejak unggahan pertama pada 26 September 2016 itu, hingga kini sudah ada 17 vlog yang dibuat Presiden.

Presiden Jokowi mengakui banyak belajar dari anak muda dalam mengelola vlog, terutama dari Youtuber yang mendapat kesempatan diundang ke Istana Negara.

"Saya sering bertanya bagaimana membuat vlog yang baik. Kadang nanya yang keliru apanya? 'Itu Pak, megang smartphonenya jangan dekat-dekat Pak, agak ditinggikan jangan terlalu dekat," kata Presiden Jokowi saat diwawancara Rahma Hayuningdyah untuk program Satu Indonesia NET.

Presiden Jokowi saat diwawancarai Rahma Hayuningdyah di Lombok Epicentrum Mal, Mataram, Nusa Tenggara Barat, Kamis, 19 Oktober 2017 silam. (NET)

"Atau 'Pak alatnya ditambahin ini'. Itu saya diberi tahu oleh mereka semua," sambung Presiden Jokowi di Lombok Epicentrum Mal, Mataram, Nusa Tenggara Barat, Kamis, 19 Oktober 2017 silam.

Menurut Presiden, anak-anak muda penting untuk diperhatikan karena 10 atau 15 tahun mendatang Indonesia dianugerahi bonus demografi. Saat itu, Indonesia akan kebanjiran anak muda dalam umur produktif.

"Sehingga kalau kita tidak tahu kehendak, keinginan, kebutuhan, apa kesenangan mereka, apa yang mereka bicarakan dalam kehidupan sehari-hari, mungkin dalam mendesain kebijakan bisa keliru. Jadi saya juga belajar dari mereka," kata Presiden.

Presiden menjelaskan, tidak setiap waktu dapat membuat vlog. Presiden hanya memanfaatkan waktu longgar di sela-sela kesibukannya. Materi yang menarik juga menjadi pertimbangan Presiden.

"Kadang-kadang masyarakat nggak suka yang serius-serius. Saya nge-vlog hal yang ringan, mengenai kambing misalnya, kemudian bermain dengan cucu saya. Yang ringan-ringan," jelas Presiden.

Selain berbagi cerita mengenai vlog, Presiden juga membicarakan kebiasaannya blusukan termasuk mengunjungi mal saat kunjungan kerja di daearah. Presiden juga menjelaskan spontanitasnya saat bertemu masyarakat, pernikahan putrinya, Kahiyang Ayu, dan 3 tahun pemerintahan Jokowi-JK.

 

Cerita-cerita Presiden Jokowi tersebut dapat disaksikan selengkapnya di dalam program NET Satu Indonesia spesial "Jalan ke Mal bareng Presiden", Minggu, 22 Oktober 2017, pukul 21.30 WIB.

TIM LIPUTAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments