hero

EDITOR : AULIA RAHMAT

22 Oktober 2017, 12:05 WIB

AMERIKA SERIKAT

Apa yang terjadi dan dirasakan manusia pada saat meninggal masih menjadi perdebatan. Ada yang bilang melihat cahaya di ujung lorong, ada yang bilang melihat jasad sedang dikerumuni banyak petugas medis.

Meski demikian, peneliti dari New York University Langone School of Medicine memiliki jawabannya sendiri. Mereka mengatakan: setelah manusia meninggal, mereka masih memiliki sisa kesadaran. Mereka mengetahui detik demi detik proses yang terjadi kala ajal menjemputnya.

Hasil diperoleh peneliti dengan cara menginvestigasi orang-orang yang pernah gagal jantung namun tidak sampai meninggal. Mereka berasal dari Amerika Serikat dan Inggris. 

Berdasarkan catatan medis, kematian seseorang ditandai dengan jantung yang berhenti berdetak. (SONY PICTURE)

Orang-orang yang pernah mati suri mampu mengingat seluruh kejadian yang dialaminya. Seluruh ingatan tersebut diverifikasi dan dikonfirmasi kepada petugas medis yang pada saat itu menangani si pasien. 

"Mereka mengaku melihat dokter dan mengingat seluruh percakapan yang terjadi di ruang gawat darurat," ujar Dr Sam Parnia, salah seorang peneliti kepada Live Science.        

Berdasarkan catatan medis, kematian seseorang ditandai dengan jantung yang berhenti berdetak. Di saat yang sama, suplai darah dan oksigen ke otak juga terhenti. 

Orang-orang yang pernah mati suri mampu mengingat seluruh kejadian yang dialaminya. (WIKIMEDIA COMMON)

"Begitu itu terjadi jantung berhenti memompa darah, dan seketika otak berhenti bekerja," kata Dr Sam Parnia.

Kortek serebral otak--organ yang berfungsi untuk berpikir dan mengolah informasi--juga akan berhenti beroperasi. Dalam 1 hingga 20 detik monitor elektronik tak akan lagi mendeteksi keberadaan gelombang tersebut.

Proses ini memicu reaksi berantai yang bisa menyebabkan kematian menyeluruh pada sel otak. Namun, hingga otak benar-benar lumpuh dibutuhkan waktu berjam-jam sejak darah berhenti menyuplai menyuplai. Alasan menjelaskan, bagaimana orang yang sudah dinyatakan meninggal tetap bisa berpikir dan mengingat kejadian yang dialaminya.

DAILY MAIL

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments