hero
Presiden Filipina Rodrigo Duterte. (PHILSTAR)

EDITOR : REZA ADITYA

21 Oktober 2017, 18:00 WIB

FILIPINA

Presiden Filipina Rodrigo Duterte meminta kepada para pimpinan pemerintah Indonesia dan Malaysia untuk meledakkan para pembajak di perairan regional. Duterte kesal para pembajak tersebut semakin beringas dan mengancam keamanan negara sekitar.

"Ledakan mereka dan keluarkan dari laut di sekitar, agar perairan kita semua menjadi aman," kata Duterte seperti ditulis media setempat dan dilansir Philstar, Sabtu, 21 Oktober 2017. "Mereka cukup banyak melakukan pembajakan di sana."

Kelompok Abu Sayyaf yang menculik warga Kanada pada tahun 2015. (PHILSTAR)

 

Pernyataan Duterte itu disamapaikan di hadapan para diplomat dan pemimpin Asia Tenggara di Manila pada Selasa kemarin. Duterte kesal karena para pembajak, perairan di sekitar menjadi rawan.

Pembajak yang dimaksud Duterte adalah kelompok Abu Sayyaf. Komplotan itu diyakini berafiliasi dengan militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Pulau tempat kelompok Abu Sayyaf bersembunyi. (PHILSTAR)

 

Kelompok Abu Sayyaf telah menculik lusinan pelaut di kapal penangkap ikan, kapal tongkang kargo, di perairan antara Malaysia, Indonesia, dan Filipina. Duterte tak ingin wilayah laut itu menjadi seperti Somalia.

Perairan Somalia dikenal sarang para pembajak yang sering meminta tebusan dengan harga fantastis. Pekan lalu, kapal tanker milik Panama yang berlayar dari Djibouti ke Mogadishu disandera perompak.

Ilustrasi militan Abu Sayyaf yang kerap merompak kapal di perairan sekitar Indonesia, Malaysia, dan Filipina.(PHILSTAR)

 

Duterte akan mengerahkan seluruh pasukannya ke perairan setempat setelah operasi militer di Marawi memberantas militan pro-ISIS selesai. Dia saat ini sedang fokus membasmi seluruh kelompok garis keras di Marawi.

"Saya baru saja menyelesaikan perang di Marawi," ujar Duterte. "Mungkin saya bisa memfokuskan kembali seluruh angkatan bersenjata untuk menangani masalah ini dalam sekali dan untuk selamanya."

PHILSTAR |ST

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments