hero

EDITOR : AULIA RAHMAT

20 Oktober 2017, 19:30 WIB

AMERIKA SERIKAT

Berbagai cara ditempuh Uber untuk merealisasikan cita-citanya mengoperasikan mobil otonom tanpa sopir. 

Setelah selesai dengan urusan perijinan, mereka kini fokus menguji coba kendaraan dan sistem aplikasinya. Untuk itu, Uber membangun kota buatan seluas 42 hektar di pinggiran Pennsylvania bernama Almono.

Layaknya kota sungguhan, Almono dilengkapi dengan jalan, sistem lalu lintas, dan berbagai rintangan yang menghalangi kendaraan untuk bisa berjalan dengan bebas. 

Almono juga dilengkapi dengan boneka meneken sebagai ganti orang yang berlalu lalang. Maneken ini berfungsi menguji refleks mobil otonom terhadap pergerakan pengguna jalan yang cenderung tidak menentu. 

Di tempat ini, Uber juga menguji coba mobil otonom rekanan mereka, yaitu Volvo XC90s. Di tempat ini pula mereka melatih calon-calon operator--orang yang bertugas menjaga mobil agar tetap berada di dalam jalur yang tepat-- sebelum mereka bertugas di lapangan.

Layaknya kota sungguhan, Almono dilengkapi dengan jalan, sistem lalu lintas, dan berbagai rintangan yang menghalangi kendaraan untuk bisa berjalan dengan bebas. (YOUTUBE/UBER)

Di sini, calon pegawai Uber akan menjalani pendidikan singkat selama 3 minggu, meliputi: mencoba langsung mobil di lintasan, pelatihan di dalam kelas, dan ujian tertulis. Hanya pegawai yang lulus dari sini saja yang bisa dipekerjakan di wilayah operasional kerja Uber yang ada di Pittsburgh.

Tahun 2016 silam, Uber telah meluncurkan mobil otonom di jalan-jalan protokol Kota Pittsburg. Rencana ini tidak berjalan sesuai harapan. Mobil-mobil Uber dilaporkan mengalami kecelakaan parah. Meski tak merenggut korban jiwa, mereka menghentikan sementara program itu dan meninjaunya kembali.

BGR | THE DRIVE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments