EDITOR : REZA ADITYA

19 Oktober 2017, 14:10 WIB

KOREA UTARA

Videografer asal Singapura Aram Pan sukses mengabadikan Pyongyang, Ibu Kota Korea Utara, melalui video udara 360 derajat. Aram yang juga kontributor untuk NK News mengungkap sisi lain Pyongyang yang sebelumnya tak diketahui khalayak.

Seperti dilansir NK News, Rabu, 18 Oktober 2017,  Aram mengisahkan upayanya membuat video di negara tertutup itu. "Ini dimulai saat saya berkunjung ke Korea Utara pada bulan Agustus 2013," ujar Aram.

Pemandangan udara Pyongyang dari kamera 360 derajat. (NK NEWS)

 

Aram tertantang untuk mengungkap citra Korea Utara yang sebelumnya tidak pernah diketahui orang. "Narasi yang dibentuk bahwa Korea Utara adalah negara yang tertutup dan seram. Saya memutuskan menunjukkan orang seperti apa yang saya lihat."

Dia kemudian meminta izin kepada otoritas keamanan setempat untuk mengambil gambar udara Pyongyang. Setelah melalui proses yang panjang, otoritas Negeri Juche mengizinkan Aram untuk mengambil gambar udara melalui kamera 360 derajat.

Salah satu stadion di Pyongyang yang terabaikan. (NK NEWS)

 

"Saya diizinkan mungkin karena saya melihat mereka bukan sebagai orang yang mengerikan," ujar dia. "Kami bersahabat, dan mereka (orang Korea Utara) juga bersikap natural kepada saya."

Proses pengambilan gambar udara Pyongyang dengan kamera 360 derajat dilakukan Aram bulan kemarin. Dia menancapkan kamera di bagian sayap microlight plane yang membawanya ke udara.

Bangunan warna-warni yang berjajar di Pyongyang. (NK NEWS)

 

Dipandu seorang pilot, Aram lepas landas dari Mirim Air Club. Videografer senior itu merekam setiap sudut Pyongyang dari udara. Namun sayangnya, tak semua gambar yang boleh dipublish

Menurut Aram usai mengambil gambar, seorang pemandu turis dan aparat keamanan Korea Utara menghapus gambar yang berkaitan dengan tentara dan fasilitas militer di negeri sosialis itu.

BUSINESS INSIDER |NK NEWS

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments