hero
(PINTEREST)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

11 Oktober 2017, 07:50 WIB

INDONESIA

Tulang belakang merupakan salah satu bagian penting yang menopang seluruh tubuh. Penting sekali untuk menjaga kondisinya tetap sehat dan tegak, apalagi jika aktivitas kamu masih padat sehari-hari.

Tulang belakang yang membengkok atau sering nyeri bisa mengganggu, bahkan menghambat pekerjaan sehari-hari. Berikut ini aktivitas yang perlu kamu tau, karena ternyata bisa membahayakan kondisi tulang belakang, dilansir dari Brightside.

Menyikat gigi

Menyikat gigi. (BRIGHTSIDE)

Saat berdiri, tekanan pada tulang belakang menjadi lebih besar ketimbang saat berjalan lama. Saat menyikat gigi, usahakanlah berdiri sambil bersandar ke tembok atau menopang tubuh dengan tangan yang tidak terpakai.

Mencuci piring

Mencuci piring. (BRIGHTSIDE)

Ini aktivitas sepele, tapi tanpa disadari saat mencuci piring kita berdiri dan membungkuk ke depan dengan kedua tangan terulur. Saat posisi tersebut, cakram tulang belakang di bagian toraks akan terus tertekan. Hal ini bisa menimbulkan nyeri di area tulang belikat.

Saat mencuci piring, ambil kursi dan letakkanlan salah satu kakimu di atasnya. Itu akan mengurangi sebagian tekanan pada tulang belakang.

Mengganti ban

Mengganti ban. (BRIGHTSIDE)

Hati-hati saat melakukan kegiatan ini, karena tanpa sadar kamu akan terlalu membungkuk sambil menekan poros ban dengan kuat. Lebih baik, ambil posisi duduk sehingga posisi mata sejajar dengan ban.

Membawa kantong belanja

Membawa kantong belanja. (BRIGHTSIDE)

Supaya ringkas, orang sering kali memilih untuk menggabungkan semua barang belanjaan dalam satu plastik, dan membawanya dengan satu tangan. Padahal kalau dilakukan jangka panjang, efeknya bisa membuat postur tubuh mejadi enggak proporsional.

Jadi, saat membawa beban berat, pastikan beratnya seimbang di bagian kanan dan kiri. Selain itu, mengangkat beban yang beratnya lebih dari 2 kg sampai 5 kg, lutut harus dalam posisi tertekuk.

Mengepel lantai

Mengepel lantai. (BRIGHTSIDE)

Barang kali 2-3 kali seminggu, kamu membersihkan rumah. Saat mengepel lantai, hindarilah membungkuk dan membersihkannya dengan kain di tangan, karena akan menyiksa tulang belakang. Lebih baik gunakan tangkai pel yang lebih aman.

Mengikat sepatu

Mengikat sepatu. (BRIGHTSIDE)

Aktivitas apa pun yang membuat kita membungkukan badan, sangat berbahaya bagi tulang belakang. Saat mengikat tali sepatu, jangan biasakan sambil berdiri lalu membungkukkan badan. Meski sebentar, hal ini tetap saja tidak bagus untuk tulang. Biasakanlah mengikat tali sepatu dalam posisi duduk dan kaki dinaikkan ke atas.

Membawa ransel

Membawa ransel. (BRIGHTSIDE)

Beban yang terlalu berat dan cara membawa ransel yang salah bisa melukai tulang belakang tanpa disadari. Setiap menggendong ransel, gunakanlah kedua tali ransel. Jangan hanya menggendong dengan bertumpu pada satu bahu.

Pilih juga ransel dengan tali yang lebar dan lembut. Karena dapat mengurangi tekanan pada leher dan tulang belakang.

Mengambil barang berat dari tempat yang tinggi

Mengambil barang berat dari tempat yang tinggi. (BRIGHTSIDE)

Saat kamu berusaha meraih sesuatu, tulang belakang akan tertarik. Bayangkan dalam posisi tersebut, benda yang berat jatuh menimpamu.

Itu bisa menjadi hal yang fatal untuk tulang belakang dan seluruh tubuh. Jadi, saat ingin meraih benda di ketinggian, lebih baik pakailah kursi. Naik ke atas kursi bisa mengurangi tekanan dan membuat beban lebih terkonsentrasi di area dada.

 

BRIGHTSIDE| THE DAILY STAR| WEST BRIDGFORD WIRE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments