hero
(INSTAGRAM/ tutusugeng) (INSTAGRAM/ widjonoahmad) (INSTAGRAM/ wnsdmr)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

11 Oktober 2017, 11:15 WIB

SOLO, INDONESIA

Belum afdol rasanya kalau berkunjung ke Kota Solo tanpa mencicipi kuliner yang satu ini. Buat warga Kota Solo, makanan legendaris ini pasti sudah enggak asing lagi deh. Yup, apalagi kalau bukan Tengkleng Bu Edi yang ada di Pasar Klewer.

 

#tengkleng #tengklengbuedi #kulinersolo #klewer #kulinerIndonesia #instafoto

A post shared by Nur Artwienda (@artwienda) on

Tengkleng adalah makanan khas Solo dengan bahan dasar kambing yang serupa dengan gulai. Tapi kuahnya encer seperti sup, dan berisi tulang yang masih sedikit berdaging. Nah, di warung Tengkleng Bu Edi, tengkleng disajikan di dalam wadah yang terbuat dari daun pisang atau biasanya disebut pincuk.

Pincuk berbentuk agak kerucut sehingga nasi, isian, dan kuah tenkleng bisa tertampung semua di dalamnya. Pelanggan bisa memilih mau menambahkan isian apa dalam seporsi tengklengnya. Ada lidah, iga, pipi, sumsum, kaki, mata, dan jeroan kambing yang bisa dipilih.

Tengkleng Bu Edi ini enggak perlu diragukan lagi cita rasanya, karena bahkan Presiden Jokowi saja merupakan salah satu pelanggan setianya. Warung Tengkleng Bu Edi enggak pernah sepi dari antrean pelanggan, bahkan sejak sebelum warungnya buka pada pukul 12.00 WIB.

Setiap hari, warung Bu Edi menghabiskan 60-70 kepala kambing, 50 kg tulang kambing, 80 buah kaki kambing, dan 20 kg jeroan. Enggak kurang dari 300 porsi tengkleng terjual setiap hari. Dan pelanggan cukup merogoh kocek 25 ribu rupiah saja untuk satu porsinya.

Enggak sulit menemukan warung Tengkleng Bu Edi karena lokasinya ada persis di antara Masjid Agung dan Pasar Klewer, sehingga memang sangat strategis dan mudah ditemukan. Kalau sudah mencoba Tengkleng Bu Edi ini, kunjungan ke Solo pun menjadi lebih sempurna.

 

BERBAGAI SUMBER

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments