hero
Anies Baswedan (kanan) dan Sandiaga Uno memberi salam dalam rapat pleno terbuka di Kantor KPU DKI Jakarta, Jumat, 5 Mei 2017. (ANTARA)

EDITOR : REZA ADITYA

11 Oktober 2017, 16:55 WIB

INDONESIA

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memastikan Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno akan dilantik pada 16 Oktober 2017. Keduanya dilantik langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara.

"Kemungkinan antara siang dan sore, tidak ada masalah," kata Tjahjo, di Jakarta, Rabu, 11 Oktober 2017. "(Pelantikan) di Istana, sama seperti kemarin dengan Gubernur Yogyakarta."

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kedua kiri) didampingi Presiden PKS Sohibul Iman (kiri) menyaksikan pidato kemenangan pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kedua kanan) dan Sandiaga Uno (kanan) pada April 2017. (ANTARA)

 

Tjahjo mengatakan masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat habis pada 14 Oktober 2017. Anies-Sandi dilantik pada 16 Oktober. Itu artinya, ada jeda sehari kursi gubernur ibu kota kosong.

Untuk mengantisipasi hal itu, Kementerian Dalam Negeri menunjuk pelaksana harian Gubernur DKI Jakarta. Adalah Saefullah yang akan ditunjuk oleh Kementerian. Saefullah kini menjabat sebagai Sekretaris Daerah DKI Jakarta.

Anies-Sandi nantinya akan memimpin ibu kota untuk periode 2017-2022. Di pemilihan umum kepala daerah DKI 2016, pasangan terpilih itu berhasil mengalahkan inkumben Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat di putaran kedua.

Basuki Tjahaja Purnama setelah pemilihan kepala daerah terjerat kasus penodaan agama dan divonis 2 tahun penjara. Walhasil, di sisa periodenya, Djarot dilantik menjadi Gubernur DKI Jakarta sampai 15 Oktober 2017.

Djarot memimpin DKI selama empat bulan sejak Juni 2017. Dia merupakan gubernur dengan masa jabatan terpendek sepanjang sejarah ibu kota.

Warga melintas di antara karangan bunga yang berisi ucapan terima kasih kepada Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat di Balai Kota. (ANTARA)

 

Meski demikian, banyak warga yang mengapresiasi kinerjanya. Sejumlah karangan bunga ucapan terima kasih betebaran di Balai Kota. Djarot mengapresiasi pemberian dari warga.

"Kami mengapresiasi warga, saya berterima kasih kepada yang banyak bunga-bunga seperti ini," ujar dia. "Ini jadi penguatan. Selalu saya sampaikan bahwa saya bersyukur, Alhamdulillah."

DELVIANA AZARI | TANIA FRANSISCA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments