hero
Kim Jong-un. (REUTERS)

EDITOR : REZA ADITYA

10 Oktober 2017, 16:05 WIB

KOREA UTARA

Pemerintah Korea Utara menuding Badan Intelijen Amerika Serikat (CIA) menyiapkan skenario untuk membunuh pemimpin tertinggi Negeri Juche Kim Jong-un. Rencana CIA itu sudah terendus sejak pertengahan tahun ini.

"Rencana itu merupakan aksi teror," demikian pernyataan pemerintah Korea Utara seperti dilansir situs KCNA, Selasa, 10 Oktober 2017. "Rencana pembunuhan itu terjadi pada bulan Mei tahun ini."

Parade militer Korea Utara. (KCNA)



BACA JUGA:
Hantam Korut, Korea Selatan Siapkan Bom Grafit
Korea Utara Ancam Kirim Awan Nuklir ke Jepang

Menurut laporan intelijen Korea Utara, sekelompok orang utusan AS itu masuk ke Pyongyang dengan menyamar sebagai wisatawan dan ilmuwan. Mereka berencana menebar senjata kimia untuk menewaskan tentara negeri sosialis itu.

Setelah itu, lanjut pernyataan tersebut, 'pembunuh bayaran' itu akan menyerang kediaman Jong-un. "Rencana itu juga disponsori oleh intelijen Korea Selatan. AS dan Korea Selatan dalang di balik aksi teror."

Amerika, tulis pernyataan itu, dengan seenaknya akan mengubah ideologi Korea Utara dengan berbagai alasan. "Mereka akan berdalih demi menggulingkan pemerintahan di negara lain."

Korea Utara dalam beberapa tahun terakhir sering mengklaim rencana pembunuhan Jong-un yang diinisiasi Amerika Serikat. Namun klaim itu tanpa disertai bukti yang jelas. Dikonfirmasi terkait tudingan itu, CIA enggan berkomentar.

Latihan tempur militer Korea Utara. (KCNA)

 

Hubungan AS dan Korea Selatan kian memanas. Presiden AS Donald John Trump menyebut akan menghancurkan Negeri Juche itu karena tak kunjung menghentikan proyek nuklir dan rudal antibalistiknya.

Sebaliknya, pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un mengancam balik meluluhlantakkan AS. Korea Utara terlebih dahulu akan mengebom pangkalan militer AS di Guam.

KCNA | INDEPENDENT

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments