hero
(NET./ Sigit)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

9 Oktober 2017, 15:00 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Ada destinasi wisata baru nih buat libur akhir pekanmu nanti. Namanya AirCrew Sensation, yaitu kegiatan simulasi pilot. Ya, di sini kamu enggak perlu jadi pilot sungguhan buat masuk ke area kokpit. Yang lebih serunya lagi, kamu juga bisa merasakan jadi crew penerbang sebuah pesawat.

Pengunjung dapat merasakan sensasi menjadi pilot profesional menerbangkan pesawat. (NET./ Sigit)

Sebelumnya, kegiatan simulasi ini hanya diperuntukan bagi para lulusan pilot sebelum terjun ke maskapai komersil. Namun, sejak bulan April 2017 lalu tempat ini dibuka untuk umum. Sehingga siapapun yang tertarik dengan dunia penerbangan bisa merasakan sensasi jadi pilot sungguhan di sini.

Enggak hanya bisa menjajal menjadi pilot sungguhan, pengunjung juga bisa mengenakan sergam pilot. (NET./ Sigit)

Tapi, ada step by step yang harus dilalui para pengunjung sebelum masuk ke area kokpit. Pertama, kamu akan dibekali ilmu dasar penerbangan di ruang briefing. Ini penting sekali bagi pengunjung yang belum memiliki pengetahuan dasar mengenai penerbangan.

Pengunjung diberikan pengarahan terlebih dahulu seputar pengetahuan dasar mengenai penerbangan. (NET./ Sigit)

Setelah mendapat pengarahan, lalu kamu akan dipersilahkan menerbangkan pesawat sendiri, dengan peralatan layaknya pesawat sungguhan. Ada 24.000 bandara yang bisa dipilih. Tinggal tentukan mau take off dan landing dari mana ke tujuan mana. Meski hanya simulasi, tapi kamu akan tetap menghadapi situasi sungguhan saat mengendarai pesawat.

Kamu bebas memilih mau menerbangkan pesawat dari dan menuju ke bandara manapun. (NET./ Sigit)

“Kesulitannya itu waktu sudah nerbangin pesawat, terus harus mempertahankan ketinggian dengan tipe pesawat. Dan ada banyak tombol-tombolnya lagi, itu yang harus diperhatikan,” ungkap Timothy Leonardo, pengunjung AirCrew Sensation.

Tidak hanya diajarkan bagaimana cara menerbangkan pesawat. Namun, juga bagaimana mengatasi masalah darurat. Seperti cuaca buruk hingga kebakaran pada mesin.

Arif Harsono, pemilik AirCrew Sensation. (NET./ Sigit)

“Banyak hal yang pengunjung akan dapatkan. Yang pasti edukasi bagaimana sebuah penerbangan berjalan. Dan, bagaimana proses pesawat mulai mati total, terbang, fase-fase penerbangan sampai ke bandara tujuan dengan selamat,” ujar Arif Harsono, pemilik AirCrew Sensation.

AirCrew Sensation, Duren Sawit, Jakarta Timur. (NET./ Sigit)

Buat kamu yang penasaran ingin merasakan sensasi menerbangkan pesawat di sini, harganya bervariasi tergantung durasi. Paket 30 menit harga tiketnya Rp 750.000, untuk 60 menit harga tiketnya Rp 1.300.000. Tapi, kalau kamu mau ambil paket yang 90 menit harganya Rp 1.600.000, atau kalau mau yang paling lama 120 menit dibanderol  Rp 2000.000.

Kamu bisa memiliki foto keren di kokpit pesawat. (NET./ Sigit)
Kamu juga bisa foto dengan latar belakang kursi penumpang pesawat. (NET./ Sigit)

Enggak Cuma bisa mengemudikan pesawat, di sini kamu juga bisa berfoto dengan background kokpit dan kursi penumpang layaknya pesawat sungguhan. Bagi yang penasaran , lokasinya berada di Jl. Rawa Domba No.33, RT.2/RW.16, Duren Sawit, Jakarta Timur. Buka setiap hari, dari pukul 09.00-22.00 WIB.

NOVITA SARI TAN

11

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments