hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

3 Oktober 2017, 11:00 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Pernikahan jadi momen yang sakral buat banyak orang. Di saat itu, sepasang pria dan wanita akan disatukan dalam janji suci yang mengikat mereka dalam berbagai aspek kehidupan. Dalam perayaannya juga bakal ada banyak orang yang ikut senang di hari bahagia itu.

Tapi buat seorang cewek Italia bernama Laura Messi, pernikahan punya konsep yang berbeda. Dia enggak membutuhkan mempelai pria yang mendampinginya. Karena pelatih fitness ini memutuskan untuk menikahi dirinya sendiri atau dikena dengan istilah ‘sologami’.

“Saya pernah bilang ke keluarga, kalau sampai umur 40 tahun saya tidak menemukan orang yang tepat, saya akan menikahi diri saya sendiri,” cerita Laura pada Kamis, 28 September 2017.“Jika nantinya ada seorang pria yang bisa jadi pendamping di masa depan, saya akan bahagia. Tapi kebahagiaan saya tidak bergantung pada dia.”

Laura Messi, menikahi dirinya sendiri. (Mashable)

Keputusan ini diambil Laura setelah hubungannya dengan seorang pria putus, setelah 12 tahun pacaran. Meski menikahi diri sendiri, Laura tetap merayakan seperti perkawinan pada umumnya. Lengkap dengan wedding dress, cake, bridesmaids dan tamu undangan yang berasal dari kerabat dekatnya.

Ketegasan Laura untuk tetap singel ditunjukkan dengan ukiran dari buah semangka yang bertuliskan Single Spouse atau pasangan tunggal. Meski begitu, pernikahan wanita ini tidak tercatat secara hukum di Italia.

Laura bukan satu-satunya orang yang menikahi diri sendiri. Sebelumnya sudah ada beberapa orang dari berbagai negara yang memutuskan untuk menikah tanpa pasangan.

Laura Messi, menikahi dirinya sendiri. (Mashable)

Di Jepang, sejak 2014 lalu terdapat travel agency yang menyediakan layanan pernikahan untuk single women. Di Amerika dan Kanada juga ada website bernama ‘I Married Me’ dan ‘Marry Yourself’ yang jumlah penggunanya makin meningkat setiap tahun.

Masyarakat dunia pun menilai pernikahan tunggal dengan berbagai pandangan. Ada yang melihatnya sebagai bukti kenarsisan seseorang karena sangat mencintai diri sendiri. Ada juga yang menilai aneh dan merasa kasihan dengan orang yang melakukan sologami. Kalau menurut kamu, bagaimana?

MASHABLE | DAILY NATION

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments