hero
Pendiri Nikahsirri.com Aris Wahyudi. (NET/Sigit)

EDITOR : REZA ADITYA

30 September 2017, 00:15 WIB

INDONESIA

Aris Wahyudi, pendiri situs nikahsirri.com, mengungkapkan alasan membuat situs yang berujung menempatkannya di dalam bui. Aris mengaku terinspirasi dari salah satu desa di Cisarua, Bogor.

"Di sana, ternyata perzinahan menjadi berkurang, prostitusi menjadi berkurang," kata Aris, di Polda Metro Jaya, Kami, 28 September 2017. "Pengentasan kemiskinan banyak dan juga para keluarga di sana mampu membuat modal usaha."

Pendiri nikahsirri.com Aris Wahyudi. (FACEBOOK/Aris Wahyudi)


BACA JUGA:
Nikahsirri.com Prostitusi Terselubung
Istri Pendiri nikahsirri.com: Suami Saya Rada Gila

 

Desa yang dimaksud Aris di Cisarua biasa dikenal dengan sebutan kampung Arab. Letaknya di Desa Tugu Utara, Cisarua, Kabupaten Bogor. Daerah itu disebut menerapkan kawin kontrak. Banyak pelancong dari negara di  Timur Tengan yang sowan.

Menurut Aris, sistem kawin kontrak di kampung Arab itu masih sangat konservatif. Dia kemudian membawa ide serupa itu ke dalam wadah yang bisa diakses khalayak lebih banyak. Jadilah situs nikahsirri.com.

Polisi menunjukkan barang bukti saat pendiri nikahsirri.com Aris Wahyudi ditangkap. (ANTARA)

 

Namun menurut Aris, di situsnya itu tidak tersedia layanan kawin kontrak. "Di website kami yang ada hanyalah nikah siri. Kawin kontrak itu dikenal di Islam dengan sebutan nikah mutah dan itu diharamkan, kami tidak melakukannya."

Menurut Aris, nikah siri dan kawin kontrak memiliki perbedaan yang jauh. "Kawin kontrak ada jangka waktunya sehingga misalnya sudah satu bulan, bisa bercerai. Tapi kalau nikah siri seperti nikah resmi dilanjutkan sampai happily ever."

Polda Metro Jaya menangkap Aris Wahyudi selaku pendiri Partai Ponsel yang diduga telah melakukan perdagangan orang melalui layanan nikah siri online. (ANTARA)

 

Aris mengaku nikah siri secara sah namun tidak diakui negara secara hukum. Musababnya, seseorang yang melakukan nikah siri tidak melalui kantor urusan agama (KUA).

"Tetapi yang kami sorot adalah bukan perbandingan nikah siri dan nikah resmi, tapi kami ingin membuat migrasi perpindahan dari zona perzinahan ke zona pernikahan," ujar dia. "Jadi nikah siri tak ideal, tapi paling tidak lebih bagus dari pezinahan."

SYARIFAH DWI RAHMA

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments