hero
Ketua Komisi Yudisial Aidul Fitriciada. (ANTARA)

EDITOR : REZA ADITYA

30 September 2017, 10:00 WIB

INDONESIA

Ketua Komisi Yudisial Aidul Fitriciada mengatakan lembaganya sudah mendapat aduan dari masyarakat terkait Cepi Iskandar, hakim praperadilan yang mengabulkan gugatan Setya Novanto. Sayangnya, Aidil belum mau menyebut jenis laporannya.

"Karena kami belum memeriksanya lebih lanjut," kata Aidil di Jakarta Pusat, Sabtu, 30 September 2017. "Nanti segera akan kami periksa."

Pengunjuk rasa membawa poster Ketua DPR Setya Novanto saat aksi di depan gedung KPK pada awal September 2017. (ANTARA)


BACA JUGA:
Setya Novanto Lepas dari Jerat Tersangka
Kalah Praperadilan Novanto, KPK Kecewa

Aidil tak ingin menuding hakim Cepi melakukan sebuah kesalahan karena melepaskan jerat tersangka Setya Novanto. Karena menurut dia, ada unsur independensi hakim ketika memutus sebuah perkara.

Namun menurut dia, secara umum ada beberapa faktor yang membuat hakim memutus sebuah kasus dan menjadi sorotan publik. Di antaranya adalah hakim tidak cermat dalam menilai sebuah perkara.

Ketua DPR Setya Novanto (tengah) memenuhi panggilan KPK untuk menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Jumat, 14 Agustus 2017. (ANTARA).

"Mungkin hakim tidak cermat, tapi kami belum putuskan ketidakcermatan dipengaruhi faktor lain," ujar Aidil. "Misalnya, hakim kena suap. Ini harus dilakuakn pemeriksaan."

Pada sidang putusan praperadilan kemarin, hakim Cepi mengabulkan gugatan yang diajukan Ketua DPR Setya Novanto. Setya yang tadinya berstatus tersangka dugaan korupsi megaproyek kartu tanda penduduk elektronik, kini lepas.

Suasana sidang praperadilan Setya Novanti di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. (ANTARA)

 

Hakim Cepi memutuskan, penetapan tersangka Novanto oleh Komisi Pemberantasan Korupsi dianggap tidak sah. Hakim menilai penetapan tersangka Setnov tidak sesuai dengan prosedur. 

KPK tidak tinggal diam atas putusan praperadilan itu. Juru bicara KPK Febri Diansyah mengatakan lembaganya akan segera menentukan sikap terkait status hukum Novanto.

TANIA FRANSISCA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments