hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

22 September 2017, 08:45 WIB

KOTA BOGOR, INDONESIA

Kue Putu! Ini dia salah satu jajanan tradisional yang sangat khas. Mulai dari bunyi berdengung dari penjualnya, hingga isian gula arennya yang berpadu harmonis dengan tepung beras pandan. Yup, warna kebangsaan kue Putu adalah hijau atau krem. Penjualnya sudah makin jarang beredar, tapi kreasi jajanan ini masih bisa ditemukan di lapak-lapak kue modern.

Salah satunya di Bogor Junction, saya menemukan satu kedai Kue Putu yang kekinian. Kenapa saya sebut kekinian? Karena, sang pemilik mengkreasikan kue putu dengan isian yang lagi tren saat ini. Ada Putu Green Tea, ada juga Putu Cokelat! Hmmm, semuanya paling pas dinikmati saat masih panas.

Kue putu kekinian. (NET/Fahmi)
Putu isi cokelat yang menggiurkan. (NET/Fahmi)

Kue Putu aneka rasa dan isi ini dinamakan Putu Rindu. Karena kreasi kue ini sengaja dihadirkan untuk menjawab kerinduan jajanan tradisional. “Awalnya saya ingin melestarikan kue yang sekarang hampir punah, apalagi di kota-kota besar. Proses pembuatnya tetap tradisonal, tapi kita juga menambahkan beberapa inovasi”, ujar Irma Risyanti, sang pemilik Kedai Kue Putu.

Putu rindu obati kerinduan jajanan tradisional. (NET/Fahmi)

Bahan dasar dan proses pembuatan serta alatnya masih dipertahankan sesuai resep aslinya. Kukusan kue hadirkan wangi khas yang menggoda. Para pembeli yang datang, kebanyakan tetap mencari rasa original, yaitu kue yang berisi gula aren. Namun, ragam rasa yang ada tak luput dari penasaran mereka.

“Bedanya di sini sama abang-abang yang lewat adalah pilihan rasanya yang lebih bervariasi”, ujar Kartika Sari, salah satu penikmat kue. Seporsi kue putu ini harganya Rp 15.000-18.000, dan sangat pas kalau dinikmati bersama secangkir teh atau kopi hangat.

AVILA RIA

 

 

 

3

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments