hero
(MENSHEALTH)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

21 September 2017, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

 

Terlalu sibuk dengan pekerjaan sehari-hari sering kali bikin kamu lupa sarapan, bahkan melewatkan makan siang. Alhasil, perut tidak terisi berjam-jam dan kamu tetap sibuk melakukan semua agenda sepanjang sisa hari.

Namun, kini kamu harus lebih waspada terhadap apa yang kamu lakukan saat perutmu sedang kosong, karena akibatnya bisa fatal. Berikut dilansir dari Brightside, hal-hal yang enggak boleh kamu lakukan saat perut kosong

Minum obat anti inflamasi

Obat seperti aspirin atau paracetamol enggak boleh dikonsumsi saat perut kosong. Enggak hanya mengurangi efektivitas obat, tetapi obat-obatan tersebut dapat menyebabkan masalah kesehatan serius seperti perdarahan gastritis.

Ya, gastritis adalah kondisi ketika lapisan lambung mengalami iritasi, peradangan atau pengikisan. Nah, kalau kondisinya memaksa banget harus minum obat anti inflamasi sesegera mungkin, kamu bisa meminumnya dengan segelas susu atau air yang banyak. Ini ditujukan untuk mengurangi efek negatifnya.

Minum kopi

Saat perut kosong, kopi tanpa kafein sekali pun dapat menstimulasi produksi asam yang dapat merusak pencernaan, dan menyebabkan rasa mulas. Melewatkan sarapan setelah minum kopi di pagi hari juga dapat menyebabkan hormon serotonin menurun, yang membuat kamu merasa lesu sepanjang hari.

Kalau kamu orang yang wajib minum kopi setiap pagi, biasakan menambah susu atau krim. Karena kandungan lemak dalam keduanya dapat meredam efek negatif kopi terhadap pencernaan.

Minum alkohol

Minum alkohol sebelum makan bisa mempercepat penyerapan ke dalam darah, sama cepatnya seperti suntikan. Kemungkinan kamu untuk mabuk berat dan risiko terhadap kesehatan hati, jantung, dan ginjal menjadi lebih besar. Sebaiknya pilih saja minuman segar lainnya yang tidak berkarbonasi.

Makan permen karet

Bila mengunyah permen karet terus menerus saat perut kosong, zat asam akan terproduksi. Hal ini dapat mengakibatkan rusaknya dinding lambung.

Mengunyah permen karet berlebihan juga bisa menyebabkan radang perut, belum lagi kandungan gula buatannya juga tidak baik bagi kesehatan. Kunyahlah permen karet enggak lebih dari 10 menit, bahkan saat perut sudah terisi sekalipun.

Tidur

Saat perut kosong dan kelaparan, level gula dalam darah menjadi rendah dan kamu akan sulit untuk tidur nyenyak. Selain itu jika kamu melewatkan makan malam dan kelaparan saat tidur, biasanya esok harinya kamu cenderung akan makan dengan porsi yang lebih banyak.

Pilhan terbaik untuk mengisi perut sebelum tidur adalah susu yang kaya akan magnesium dan kalsium. Susu dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Olahraga intens

Ada opini kalau olahraga saat perut kosong dapat membakar lebih banyak kalori, nyatanya tidak begitu. Yang ada, otot-otot kamu menjadi tidak bertenaga dan terpaksa bekerja tanpa asupan energi yang memadai.

Dari pada olahraga intens, lebih baik lakukan saja latihan aerobik saat perut masih kosong. Namun, kalau kamu punya masalah pencernaan, tetap saja isi dulu perutmu dengan snack ringan untuk mencegah naiknya asam lambung saat perut kosong.

Belanja

Nah, ternyata rasa lapar bisa memengaruhi pengeluaran kamu saat berbelanja loh! Kamu cenderung akan membeli lebih banyak makanan yang tidak kamu butuhkan saat berbelanja dengan rasa lapar.

Untuk mencegahnya, kamu bisa juga membuat daftar belanjaan terlebih dulu, supaya kamu hanya membeli barang yang sudah terdaftar. Membawa uang tunai daripada kartu kredit juga bisa membantumu mengontrol penegeluaran belanja agar tidak berlebihan.

Minum minuman jeruk

Kandungan asam dan serat tinggi yang ada pada minuman jeruk bisa membuat perut yang kosong mengalami iritasi, dan kamu bisa terserang penyakit mag. Lebih baik, buat larutan perasan atau minuman jeruk dengan rasio air 1:1 atau 2:1 untuk mengurangi kandungan asam yang tinggi dalam minuman.

Berdebat

Yup, jangan coba-coba deh berdebat atau beradu mulut saat kamu sedang lapar, karena kemampuan mengendalikan diri ternyata butuh banyak energi. Kalau perutmu kosong, kamu akan kekurangan energi dan sulit mengontrol diri dan emosi. Kalau terpaksa, minumlah minuman hangat bersama partner sebelum memulai pembicaraan.

 

BRIGHTSIDE| BELMARRA HEALTH| BODY AND SOUL| MENSHEALTH

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments