EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

21 September 2017, 12:05 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Siapa bilang bahasa daerah itu selalu ketinggalan zaman dan kuno? Eits... jangan salah, ternyata bahasa daerah itu bisa juga bikin seseorang jadi terkenal dan mendapat penghargaan lho. Enggak percaya? YouTuber asal Malang, Jawa Timur ini contohnya. Dia adalah Bayu Eko Moektito alias Bayu Skak.
 
Bayu merupakan salah satu vlogger yang ternama di YouTube Indonesia. Ia dikenal dengan ciri khas selalu membuat video dengan menggunakan bahasa tanah kelahirannya, bahasa Jawa.

 

YouTubers Pejuang Lama. Akhirnya dapat juga Gold Play Button setelah bertahun tahun berjuang

A post shared by BAYU SKAK (@moektito) on

 Karena keunikannya tersebut, hingga saat ini Bayu telah berhasil mendapatkan 1 juta subscriber. Bahkan salah satu videonya yang diunggah pada bulan April 2017 sudah dilihat sampai 2,3 juta kali.
 
Selain menggunakan bahasa Jawa, Bayu juga kerap membuat video tips aneh dan lucu. Alhasil para netizen pun selalu menyukai hasil karya dari pria berusia 23 tahun ini.


Menjadi seorang YouTuber yang kreatif dan unik membuat ia dianugerahi penghargaan Golden Button oleh YouTube. Dengan penghargaan ini, ia juga sukses menjadi YouTuber luar Jakarta pertama yang berhasil menerima penghargaan ini.
 
"Wah, saya gembira sekali. Itu jadi suatu kebanggan untuk saya yang wong Jowo bisa mencapai 1 juta subscriber. Plakat golden button ini akan saya bawa keliling alun-alun Malang," ujarnya saat ditemui di acara YouTube Pop-Up Space.

Untuk bisa menjaga konsistensinya, Bayu mengaku hanya berusaha untuk mempertahankan ciri khasnya. "Saya orang Jawa, tinggal di Jawa Timur, jadi saya enggak perlu mikir jauh-jauh. Karena setiap YouTuber punya pasar sendiri." paparnya kepada Tim Liputan NET.
 
Tak hanya memiliki jumlah subscriber yang tinggi, Bayu juga ternyata memiliki pendapatan yang tinggi. Dari iklan YouTube saja, ia mampu menghasilkan uang sebesar 2 ribu US Dollar atau setara 26 juta per bulan. Itu belum pemasukan dari multi channel network.

Selain Bayu, penghargaan Golden Button ini juga diberikan kepada YouTubers lain seperti Skinny 24 Indonesia, Ria Ricis, dan Gen Halilintar. Pemberian penghargaan kepada para Yotubers ini terjadi dalam acara Youtube-Pop Up Space yang digelar di Art 1 New Museum, Jakarta Pusat pada Senin, 18 September 2017 kemarin.
 
Selain pemberian penghargaan, acara ini juga berfungsi sebagai sarana pelatihan bagi para content creator agar bisa menghasilkan karya yang kreatif dan berkualitas.
 
AVILA RIA  

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments