hero
(CBSNEWS)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

20 September 2017, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Jerawat, selain bikin wajah jadi kurang nyaman dilihat, sering kali juga bikin penderitanya pusing tujuh keliling. Ditambah lagi, banyak bermunculan soal pengobatan dan mitos seputar jerawat yang masih simpang siur.

Terlalu memikirkan mitos-mitos yang enggak jelas faktanya malah akan menjadi pemicu timbulnya jerawat. (PINTEREST)

Bukannya mengatasi masalah jerawat, enggak jarang mitos-mitos tersebut justru menambah parah jerawat di wajah. Dilansir dari Brightside, ini dia nih mitos tentang pengobatan jerawat yang sebaiknya enggak usah lagi kamu percaya!

Jerawat dan pola makan tidak berhubungan

Kata siapa pola makan tidak ada hubungannya dengan jerawat? Konsumsi gula yang berlebihan bisa memicu hormon insulin berlebih yang dapat menyebabkan jerawat tumbuh loh!

Munculnya jerawat memiliki keterkaitan dengan pola makan seseorang. (BRIGHTSIDE)

Oleh karena itu hindari makanan dengan kadar gula dan karbohidrat yang tinggi seperti roti tawar, soda, coklat, dan bir. Hindari juga susu karena hormon yang terkandung di dalamnya dapat memicu sebum berlebih pada kulit wajah.

Konsumsilah makanan yang rendah gula seperti roti gandum, atau kaya akan zinc seperti telur, jamur, daging, dan seafood, serta vitamin A seperti wortel dan bayam yang dapat menyembuhkan jerawat.

Merokok penyebab banyaknya jerawat

Memang sih, rokok itu merupakan sumber dari banyak penyakit, tetapi rokok tidak berpengaruh terhadap penyebaran jerawat.

Merokok memang bukan pemicu jerawat, tapi membuat sel kulit susah beregenerasi. (BRIGHTSIDE)

Yang terjadi adalah rokok membuat sel kulit kamu sulit untuk beregenerasi, sehingga penyembuhan jerawat semakin lamban. Merokok juga membuat aliran oksigen ke area kulit wajah semakin sedikit sehingga wajah tampak kusam.

Jerawat karena pakai kosmetik

Tidak semua kosmetik buruk kok untuk kulit wajah. Hindari kosmetik yang mengandung alkohol dan banyak mengandung minyak.

Jerawatan bukan berarti jadi anti sama make up, pilihlah kosmetik yang tepat untuk jenis kulit yang berminyak. (BRIGHTSIDE)

Kandungan alkohol membuat kulit jadi kering dan rentan iritasi, sedangkan minyak dapat menyumbat pori-pori wajah. Pilihlah kosmetik yang mengandung bahan lidah buaya, retinol, dan peptida 10 yang bagus untuk menyembuhkan jerawat dan menstimulasi produksi kolagen.

Sinar matahari mengeringkan jerawat

Sinar matahari dapat memicu tumbuhnya jerawat. (BRIGHTSIDE)

Wah, ini salah banget! Karena ternyata sinar UV justru bisa menstimulasi kerja kelenjar sebasea yang dapat memicu tumbuhnya jerawat. Jika sedang berjerawat, berjemur di matahari sangat tidak disarankan. Pakailah sunscreen lotion untuk mencegah sinar UV yang dapat memicu penyebaran jerawat di wajah.

Stress bikin jerawatan

Stres bukan pemicu munculnya jerawat, tapi stres karena hal ini dapat membuat jerawat di wajah sulit sembuh. (BRIGHTSIDE)

Tumbuhnya jerawat bukanlah karena stres. Yang terjadi adalah jerawat dan bekas lukanya yang sudah ada pada wajah menjadi makin sulit sembuh karena kamu terus-terusan stres.

Cuci muka terus menerus dapat menghilangkan jerawat

Jerawat dan komedo memang muncul karena pori-pori yang tersumbat, dan produksi sebum di kulit wajah yang berlebih. Mencuci muka memang bagus dan dapat mencegah iritasi berlanjut, tetapi tidak berarti dapat menghilangkan jerawat begitu saja.

Cuci muka terus menerus bukan berarti dapat menghilangkan jerawat begitu saja loh! (BRIGHTSIDE)

Penggunaan spons atau sikat pembersih wajah juga justru bisa bikin kulit wajah trauma loh. Itu sebabnya, sehabis cuci muka jangan mengeringkan dengan menggesek handuk pada wajah. Cukup tempelkan wajah pada handuk kering. Hindari juga sabun wajah yang mengandung sulfat karena dapat membuat kulit wajah semakin kering.

Pasta gigi dapat menghilangkan jerawat

Meski dapat mengeringkan jerawat, pasta gigi dapat menimbulkan iritasi pada wajah.

Pasta gigi mengandung baking soda, minyak esensial, hidrogen peroksida, menthol, dan triclosan yang memang dapat mengeringkan jerawat, tetapi juga dapat menimbulkan iritasi dan ruam pada kulit wajah.

Lebih baik gunakan obat jerawat yang mengandung benzoyl peroksida yang memang dapat menyembuhkan jerawat.

Info Tambahan

Satu lagi nih, kebiasaan memencet jerawat memang sangat tidak baik. Karena dapat memicu infeksi dan peradangan pada kulit wajah.

Tips jitu membersihkan komedo membandel. (BRIGHTSIDE)

Namun, kalau kamu mau membersihkan komedo membandel, kamu bisa coba tips menggunakan dental floss dan menggesekannya di area berkomedo. Jangan lupa, setelahnya oleskan cairan antiseptik agar tidak terjadi infeksi, ya.

 

 

BRIGHTSIDE| TEEN VOGUE| METRO UK

 

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments