hero
(QUIEROCUIDARME)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

20 September 2017, 11:15 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Sayuran tentu saja penting untuk selalu ada dalam menu makanan sehari-hari agar kebutuhan nutrisi, serat, dan vitamin pada tubuh terpenuhi. Namun sayangnya, sering kali sayuran tidak dimasak dengan tepat sehingga kandungan nutrisi di dalamnya jadi tidak maksimal atau justru jadi rusak.

Jangan-jangan, tujuan supaya hidangan jadi lebih sehat justru jadi sebaliknya, merusak kesehatan karena kesalahan cara memasaknya. Berikut ini petunjuk durasi yang tepat dalam cara memasak beberapa sayuran agar tetap bernutrisi saat disantap

Wortel

Durasi memasak wortel yang tepat. (BRIGHTSIDE)

Goreng wortel selama 4-6 menit dalam bentuk potongan bulat. Kalau dikukus, wortel butuh waktu sekitar 10-13 menit. Potongan bulat wortel cukup direbus selama 8-10 menit, tapi jika dalam bentuk utuh butuh waktu rebus sekitar 20-30 menit. Wortel juga bisa dipanggang dalam bentuk potongan besar selama 40-45 menit pada suhu 180 derajat celsius.

Asparagus

Durasi memasak asparagus yang tepat. (BRIGHTSIDE)

Durasi tepat untuk menggoreng asparagus adalah 5-8 menit dengan api sedang, dan 8-12 menit jika dikukus. Asparagus yang direbus akan matang sempurna dalam waktu 7-10 menit, dan jika dipanggang pada suhu 180 derajat celsius butuh waktu 15-20 menit.

Kacang Merah

Durasi memasak kacang merah yang tepat. (BRIGHTSIDE)

Kacang merah yang sebelumnya sudah direbus hanya butuh waktu 5-10 menit saat digoreng. Namun, dalam keadaan mentah butuh 2 jam untuk menggorengnya sampai matang.

Setelah direndam dalam air semalaman, kacang merah masih butuh waktu 2,5-3 jam saat dikukus dan sekitar 40-80 menit saat direbus. Kalau ingin dipanggang, kacang merah yang sudah direndam seharian butuh 1 jam pada suhu 150 derajat celcius hingga benar-benar matang.

Brokoli

Durasi memasak brokoli yang tepat. (BRIGHTSIDE)

Gorenglah brokoli selama 5-7 menit saja atau kukus selama 5-10 menit. Brokoli yang direbus hanya butuh 4-8 menit untuk matang, sedangkan saat dipanggang brokoli matang dalam 25 menit pada suhu 180 derajat celcius.

Kembang Kol

Durasi memasak kembang kol yang tepat. (BRIGHTSIDE)

Kembang kol yang sudah direbus dulu selama 7 menit, hanya perlu digoreng selama 15-20 menit sampai matang. Jika dikukus, kembang kol matang dalam waktu setengah jam, direbus dalam waktu 10-15 menit, dan dipanggang pada suhu 180 derajat dalam waktu 20 menit hingga matang.

Jagung

Durasi memasak jagung yang tepat. (BRIGHTSIDE)

Jagung yang masih muda perlu waktu 30-40 menit untuk digoreng, dan 15-30 menit untuk dikukus sampai matang. Kalau direbus, jagung muda butuh waktu cukup sebentar yaitu 10-15 menit. Namun, jika dipanggang pada suhu 200 derajat celsius butuh waktu 30-40 menit.

Terong

Durasi memasak terong yang tepat. (BRIGHTSIDE)

Kaau sudah dipotong-potong bulat, terong hanya perlu 5-7 menit untuk digoreng, namun butuh waktu lebih lama hingga 30 menit kalau dikukus. Potongan terong yang besar perlu direbus selama 20-30 menit, atau dipanggang pada suhu 200 derajat celsius.

Ubi

Durasi memasak ubi yang tepat. (BRIGHTSIDE)

Ubi dalam bentuk potongan sedang butuh waktu menggoreng selama 20-25 menit dengan api sedang untuk matang. Sedangkan untuk dikukus, potongan kecil ubi perlu 20-30 menit, saat direbus dalam potongan besar ubi perlu 15-25 menit, dan saat dipanggang butuh waktu hingga 30 menit.

Bawang Bombay

Durasi memasak bawang bombay yang tepat. (BRIGHTSIDE)

Enggak butuh waktu lama untuk memasak bawang bombay, hanya 10 menit digoreng dalam bentuk separuh buah, dan 5 menit untuk dikukus. Saat direbus bawang bombay butuh waktu 10 menit, sedangkan dipanggang memerlukan waktu setengah jam pada suhu 200 derajat.

Labu Kuning

Durasi memasak labu kuning yang tepat. (BRIGHTSIDE)

Labu kuning yang sudah dikupas hanya perlu digoreng selama 15 menit dengan api sedang. Untuk mengukus potongan labu butuh waktu sekitar 20-30 menit. Begitu pula potongan labu kuning yang direbus atau dipanggang, biasanya butuh sekitar 30 menit untuk matang.

Kol

Durasi memasak kol yang tepat. (BRIGHTSIDE)

Ternyata kol butuh waktu cukup lama untuk digoreng, dikukus, direbus, maupun dipanggang. Potongan kol butuh waktu masak sekitar 30-45 menit untuk matang dengan baik.

Paprika

Durasi memasak paprika yang tepat. (BRIGHTSIDE)

Hanya perlu 15 menit untuk menggoreng matang paprika utuh, atau 10 menit untuk menggoreng irisannya. Jika paprika dikukus atau direbus, cukup 2-4 menit, dan kalau dipanggang di suhu 200 derajat celsius butuh 15 menit hingga paprika matang merata.

Kentang

Durasi memasak kentang yang tepat. (BRIGHTSIDE)

Potongan kentang butuh waktu masak sekitar 20-35 menit baik saat digoreng, dikukus, direbus, maupun dipanggang pada suhu 200 derajat celsius.

Buncis

Durasi memasak buncis yang tepat. (BRIGHTSIDE)

Sayur buncis segar hanya perlu dimasak selama 10 menit saat digoreng, 15-25 menit saat dikukus tergantung ukuran dan usia buncis. Sayur buncis segar cukup direbus selama 5-7 menit, dan jika dipanggang pada suhu 200 derajat celsius butuh 30-40 menit hingga sayuran matang.

 

BRIGHTSIDE| NEW YORK TIMES

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments