EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

20 September 2017, 17:05 WIB

KAB. BANJARNEGARA, INDONESIA

Usia sepuluh tahun biasanya jadi momen bermain yang menyenangkan buat anak-anak. Tapi kondisi berbeda dialami oleh Hafidin, siswa kelas lima SD asal Desa Kebutuh Jurang, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Di umurnya yang masih kecil, ia bertanggungjawab sendiri untuk merawat ibunya yang sakit dan kakeknya yang renta. Di rumah mereka tidak ada sosok pencari nafkah karena ayah Hafidin sudah meninggal sejak 2012 lalu. Sementara ibunya yang sakit, tidak dapat berjalan dan sulit melakukan aktivitas sehari-hari.

Hafidin sedang memasak untuk ibu dan kakeknya. (NET/Bayu Nur Sasongko)

Keluarga Hafidin menempati rumah pinjaman milik kerabatnya yang tinggal di luar kota. Sementara untuk memenuhi kebutuhan hidup, mereka mengandalkan bantuan orang lain, tetangga sekitar dan dana bantuan dari program pemerintah.

“Sehari-hari dapat uang dari tetangga. Kadang dikasih atau disuruh beli ke warung. Entar dapat Rp 2000 atau Rp 5000,” cerita Hafidin.

Hafidin sedang menyuapi makan ibunya. (NET/Bayu Nur Sasongko)

Beruntung di tengah kondisinya yang terbatas, Hafidin masih dapat menempuh pendidikan. Berbagai kebutuhan sekolah seperti biaya bulanan dan peralatan sekolah terpenuhi lewat program Kartu Indonesia Pintar dari pemerintah.

Menurut kepala Desa Kebutuh Jurang, berbagai program pemerintah terkait warga miskin juga sudah menyentuh keluarga Hafidin. “Kami dari pemerintah desa tidak tinggal diam dan sudah memprioritaskan keluarga ini,” kata Mistam, Kepala Desa Kebutuh Jurang.

Hafidin sedang menyuapi makan ibunya. (NET/Bayu Nur Sasongko)

Selain Kartu Indonesia Pintar, Hafidin dan keluarga juga mendapat bantuan kesehatan, beras miskin dan dana keluarga sejahtera. Dalam waktu dekat, rencananya ada bantuan pembangunan rumah layak huni untuk ditempati keluarga Hafidin.

 BAYU NUR SASONGKO

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments