hero

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

19 September 2017, 07:00 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Pernah enggak sih, kamu mendengar tips spesialis marketing atau penasihat kesehatan yang inkompeten tentang gaya hidup sehat? Eits, bukan berarti kamu harus langsung percaya begitu saja loh! Cari tahu dulu faktanya, karena bisa jadi hal tersebut dijadikan sebagai cara untuk memasarkan suatu produk tertentu.

Ujung-ujungnya kamu mengikuti kebiasaan yang katanya sih sehat, tapi ternyata enggak bermanfaat, bahkan berbahaya untuk tubuh. Dilansir dari Brightside, berikut kebiasaan-kebiasaan yang ternyata bukan bagian dari gaya hidup sehat sepenuhnya.

Sabun Cuci Tangan

Semakin sering Hand sanitizers dan sabun antibakteri digunakan semakin memicu munculnya kuman baru yang lebih kuat. (BRIGHTSIDE)

Iklan-iklan di televisi sering meyakinkan orang bahwa hanya Hand sanitizers dan sabun antibakteri  yang ampuh mencegah kuman penyakit. Nyatanya, semakin sering cairan atau sabun semacam itu digunakan, semakin besar kemungkinan munculnya kuman penyakit yang baru dan lebih kuat. Selain itu menurut penelitian, sabun biasa sama baiknya dengan sabun antibakteri untuk kegunaan sehari-hari.

Pemeriksaan Kesehatan Rutin

Pemeriksaan kesehatan rutin enggak perlu dilakukan setiap tahun, sebaiknya disesuaikan dengan usia dan penyakit yang diderita. (BRIGHTSIDE)

Ternyata memeriksa kesehatan atau check-up keseluruhan tidak perlu dilakukan setiap tahun. Selain biayanya mahal, pemeriksaan kesehatan secara keseluruhan lebih baik dilakukan menurut periode pembagian usia, dan berdasarkan penyakit yang rentan diderita pada usia tertentu.

Minum Vitamin

Jangan sembarangan meminum vitamin, lebih baik konsultasikan dulu ke dokter. (BRIGHTSIDE)

Selama ini orang tahu bahwa mengonsumsi vitamin baik untuk kesehatan, namun pada kasus tertentu vitamin bisa jadi berbahaya bagi tubuh. Menurut penelitian, orang yang meminum vitamin dengan kebiasaan yang buruk 46 persen lebih rentan menderita penyakit serius, daripada yang tidak minum vitamin. Itu sebabnya, sangat penting untuk konsultasi ke dokter sebelum mulai mengonsumsi vitamin apa pun.

Minuman Diet

Jika diminum secara berlebihan, minuman soda diet tetap saja dapat berbahaya bagi tubuh. (BRIGHTSIDE)

Perusahaan minuman ringan bersoda berupaya meyakinkan orang bahwa produk versi diet mengandung lebih sedikit kalori dan lebih sehat untuk tubuh. Ternyata, meminum sekaleng minuman soda diet setiap hari tetap saja dapat memicu penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan kenaikan berat badan.

Terlalu Banyak Minum Air

Minum air secara berlebihan nyatanya dapat membuat tubuh kekurangan zat natrium. (BRIGHTSIDE)

Segala yang berlebihan tentu tidak baik, meski minum air sekalipun. Ya, air memang kebutuhan yang esensial bagi tubuh dan orang sudah tahu bahwa minum 8 gelas air per hari itu penting.

Tapi, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi air yang terlalu banyak bisa menyebabkan masalah pada organ ginjal dan pembengkakan pada otak. Minum air terlalu banyak juga bisa menurunkan kadar elektrolit pada tubuh yang bisa berakibat pada hiponatremia alias tubuh kekurangan zat natrium.

Bersih-bersih Rumah

Terlalu sering kontak langsung dengan bahan kimiawi pada cairan pembersih dapat membahayakan kesehatan mata dan pernapasan. (BRIGHTSIDE)

Menjaga kebersihan rumah memang menjadi bagian dari gaya hidup sehat, namun kamu perlu waspada dengan detergen dan cairan pembersih yang rutin kamu gunakan. Kontak yang terlalu sering dengan bahan kimiawi pada cairan pembersih bisa menyebabkan iritasi mata, sakit kepala, dan penyakit pernapasan.

Memakai Sandal Jepit

Sandal jepit sebaiknya digunakan saat berjalan di atas pasir dan rumput. (BRIGHTSIDE)

Banyak orang mengira beraktivitas di luar rumah dengan sandal jepit yang terbuka dan ringan jauh lebih nyaman dan menyehatkan. Nyaman mungkin iya, tapi ternyata tidak menyehatkan untuk di segala permukaan.

Menurut para spesialis, sandal jepit tidak memberi support yang lebih baik untuk kaki, saat berjalan pada permukaan keras. Sandal jepit akan menyehatkan kaki apabila dipakai untuk permukaan seperti pasir dan rumput.  

Olahraga Treadmill

Terlalu lama berolahraga dengan treadmill bisa berbahaya bagi persendian dan otot.

Berlari dengan alat treadmill sering menjadi pilihan orang yang ingin membuang kalori dalam tubuh. Meski begitu, ternyata terlalu lama berolahraga dengan treadmill bisa berbahaya bagi persendian dan otot. Lebih baik, tambahkan latihan otot setelah olahraga treadmill untuk menjaga otot tetap fit sambil mengurangi berat badan.

Tidur Siang

Terlalu lama tidur siang berdampak buruk bagi kualitas memori dan fungsi otak. (BRIGHTSIDE)

Tidur di tengah hari memang terasa menyenangkan dan sepertinya menyehatkan, namun sejumlah peneliti justru meyakini tidur siang bisa memicu penyakit jantung. Apalagi kalau durasi tidur siangnya panjang, itu bisa berdampak buruk untuk kualitas memori dan fungsi otak.

 Memiliki Badan Kurus

Banyak makan namun tetap kurus? Belum tentu sehat, bisa jadi lemak tersimpan di area jantung dan hati. (BRIGHTSIDE)

Badan kurus tidak selalu berarti sehat loh. Orang yang makan banyak namun tetap kurus, bisa jadi menyimpan lemak di area jantung dan hati, yang mana bisa berisiko penyakit yang lebih berbahaya. Ratusan hasil penelitian ilmiah juga menunjukkan kalau orang yang berbadan kurus memiliki risiko kematian yang sama besarnya, dibanding orang dengan berat badan lebih.

 

 BRIGHTSIDE| ACADEMIC.OUP| KEVINMD| NYTIMES

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments