hero
(INSTAGRAM/ natgeoindonesia)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

19 September 2017, 09:00 WIB

MALUKU, INDONESIA

Pulau Hatta merupakan sebuah pulau kecil yang terletak sekitar 25 kilometer dari Kepulauan Banda. Pulau Hatta adalah satu di antara enam pulau yang ada di Kepulauan Banda yaitu Pulau Naira, Pulau Gunung Api, Pulau Banda Besar, Pulau Ai, dan Pulau Rhun.

Pulau ini sebelumnya bernama Pulau Rozengain dan diberi nama Hatta, karena dulu Wakil Presiden Indonesia yang kedua Mohammad Hatta pernah diasingkan di Banda Naira. Hal ini sebagai wujud penghormatan penduduk setempat pada sosok Bung Hatta yang dulu mengabdikan diri memberi pendidikan pada anak-anak di Banda Naira selama masa pengasingannya.

Untuk mencapai pulau kecil ini memang tidak mudah karena lokasi Pulau Hatta adalah yang paling jauh di bagian timur Kepulauan Banda. Jarak tempuhnya sekitar satu jam perjalanan laut menggunakan kapal kecil bermotor.

Kepulauan Banda sendiri masih belum menjadi destinasi populer bagi turis lokal, namun justru sudah cukup dikenal oleh para turis dari Eropa. Pantai di Pulau Hatta ini terbilang yang paling unik karena terdapat palung laut yang dalam di dekat pesisir pantainya. Jadi, kamu bisa melihat palung laut tak jauh dari tempatmu berdiri di pantai.

Laut di sekitar Pulau Hatta merupakan wahana yang menyenangkan untuk para penyelam, tapi buat snorkeling pun tak kalah seru. Air laut yang jernih dan terumbu karang yang masih sehat tampak mengelilingi palung laut, sangat indah untuk menjadi latar foto di dalam air.

 

Selamat pagi Ayo main ke laut biar cepat hitam ????????????

A post shared by jangkis sadap ✌ (@rifky.saidjano) on

Menjelang terbenamnya matahari, pemandangan di pantai Pulau Hatta tak perlu diragukan lagi pesonanya. Kamu bisa menikmatinya sambil duduk santai di atas pasir putih yang terhampar luas. Salah satu spot terbaik untuk melihat matahari terbenam di Pulau Hatta juga adalah area Matabambu yang dekat area Tanjung Kenari.

Selain punya pemandangan alam yang menakjubkan, di Kepulauan Banda kamu juga bisa menyaksikan banyak peninggalan sejarah kolonial yang pernah ada di Indonesia. Oh iya, Kepulauan Banda ini juga daerah penghasil salah satu rempah terbaik di Indonesia loh, yaitu cengkeh yang sempat menjadi komoditas incaran negeri-negeri barat pada masa penjajahan. So, kalau hendak berlibur menuju Indonesia bagian Timur, jangan lupa mampir ke Pulau Hatta!

 

BERBAGAI SUMBER

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments