hero
Sekelompok massa mengepung dan melakukan orasi di depan kantor Lembaga Bantuan Hukum Jakarta, Minggu malam. (ANTARA)

EDITOR : REZA ADITYA

19 September 2017, 11:00 WIB

INDONESIA

Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Setyo Wasisto mengatakan institusinya akan memburu penyebar hoax yang membuat massa terprovokasi mengepung kantor Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia. Hoax itu terkait komunisme.

"Penyebar info kami teliti nanti ya," kata Setyo, di Jakarta, Selasa, 19 September 2017. "Bisa dicek penyebar hoax. Hari minggu di (YLBHI) cuma acara musik-musik."

Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto. (NET)

 

BACA JUGA:
Massa Pengepung YLBHI Termakan Hoaks
Ini Dua Nama Aktor Pengepung Kantor YLBHI

Menurut Setyo, di acara yang digelar pada Ahad kemarin itu, lembaganya tak menemukan sedikit pun atribut komunis di YLBHI. Massa pengepung kantor bantuan hukum yang terletak di Jalan Diponegoro itu diyakini termakan hoax.

Kerusuhan di YLBHI Ahad malam. (NET)

 

Sebelumnya, pada Ahad malam kemarin, massa menggeruduk kantor YLBHI. Mereka menuntut acara yang sedang digelar YLBHI itu dibubarkan karena terkait dengan Partai Komunis Indonesia. 

Massa berteriak dan mengancam keselamatan peserta acara yang ada di dalam. Mereka juga berteriak akan menyegel dan menutup kantor lembaga bantuan hukum itu.

Ketua Divisi YLBHI Muhammad Isnur membantah acara yang digelar lembaganya terkait dengan PKI. Isnur mengatakan acara itu bertajuk Asik Asik Aksi: Indonesia Darurat Demokrasi.

Kondisi kantor YLBHI pascakerusuhan. (NET)

 

Isnur meyakini massa memanas setelah ada broadcast dari WhatsApp dan media sosial yang menyebut acara di kantornya itu terkait dengan partai terlarang di Indonesia. Kumpulan orang yang mulai keki berupaya dibubarkan polisi.

Namun yang terjadi, massa malah naik pitam dan terjadi bentrokan dengan aparat keamanan. Batu, botol kaca, dan balok kayu bertebaran. 

OCTA BARRY

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments