hero
Ilustrasi otak dan internet. (PIXABAY)

EDITOR : TITO SIANIPAR

19 September 2017, 08:10 WIB

INGGRIS

Kecanduan terhadap internet dapat mempengaruhi fungsi utama otak dan mengakibatkan kebodohan. Generasi milenial dianggap paling rentan menerima dampak buruk dari internet ini karena pola hidup yang tergantung internet.

"Kecanduan internet itu hal yang nyata. Tapi hanya sedikit yang kita tahu tentang dampaknya dalam jangka panjang," kata Dr Phil Reed, psikolog yang berfokus pada dampak kecanduan internet, dikutip dari laman berita Sputnik, awal pekan ini.

Ahli psikologi Universitas Swansea, Wales ini mengatakan kecanduan internet merusak korteks prefrontal, area yang dekat dengan bagian depan otak. Daerah ini terhubung dengan banyak sistem saraf penting lain yang menjadikan seseorang mampu melakukan perencanaan, motivasi, dan mengendalikan diri. 

Phil Reed, ahli psikologi perkembangan. (SWANSEA UNIVERSITY)

Internet, kata dia, dapat mengubah cara orang berpikir, berperilaku, dan berinteraksi secara sosial. Termasuk pula mempengaruhi neurologi, hormon, dan sistem fisik tubuh manusia. Dampak ini identik dengan perubahan perilaku pada orang yang ketergantungan pada obat-obatan, juga judi.

"Manusia (sebenarnya) memiliki fungsi yang lebih tinggi, dan tampaknya akan tersingkir oleh internet," kata dia.

Generasi milenials lebih rentan menerima dampak ini, karena menghabiskan banyak waktu dengan internet dan kehidupan di media sosial. Gejala awal bisa dilihat bagaimana remaja saat ini lebih sulit mengingat informasi dibandingkan generasi sebelumnya.

Milenial pengguna internet. (PIXABAY)

Sebelumnya sebuah penelitian untuk melihat dampak internet terhadap struktur otak pernah dilakukan oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Cina di Wuhan. Penelitian ini dilakukan terhadap 17 remaja pecandu internet dan 16 remaja nonpecandu, menggunakan teknik Magnetic Resonance Imaging (MRI). 

Hasil keduanya kemudian dibandingkan dengan pengukuran difusi fractional anisotropy (FA) untuk memberikan gambaran keadaan serabut saraf. Apabila FA rendah maka indikator struktur serat saraf mengalami pemburukan.

Ternyata ilmuwan menemukan adanya gangguan materi putih pada serat saraf remaja pecandu internet. Padahal materi ini menghubungkan bagian vital otak yang berfungsi menentukan emosi, pengambilan keputusan, dan pengendalian diri. 

Suasana sebuah warung intenet di Cina. (AP)

"Pada pecandu internet, terjadi pengurangan FA secara luas yang tidak normal," kata hasil penelitian tersebut, yang ditulis dalam jurnal Public Library of Science. 

SPUTNIK | DAILY MAIL

4

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments