hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

18 September 2017, 14:00 WIB

INDONESIA

Pernah enggak kamu merasa kalau kamu selalu ingin makan sesuatu padahal baru aja makan siang? Atau kamu ngerasa kalau kamu nggak bisa berhenti ngemil setiap jamnya? Pertama, kamu perlu memahami mengapa kamu lapar dan apakah kamu benar-benar lapar atau hanya ingin makan sesuatu padahal sebenarnya tidak lapar. Berikut ini adalah beberapa penyebab mengapa kamu enggak bisa berhenti makan, Sseperti yang dilansir Bright Side.

1. Haus

Jangan remehkan minum cukup, ya. (BRIGHT SIDE)

Jika kamu baru saja makan dan tiba-tiba lapar lagi, coba ingat saat terakhir kamu minum air. Cobalah minum satu gelas, dan tunggu sebentar. Rasa lapar akan mereda, dan kamu mungkin bahkan menyadari bahwa sebenarnya kamu tidak lapar sama sekali. Untuk menghindari rasa lapar yang sama kamu bisa mulai dengan mengkonsumsi banyak air di pagi hari dan setengah jam sebelum makan.

2. Kalori Kosong

Hati-hati dengan makanan manis! (BRIGHT SIDE)

"Makan sesuatu yang lezat", dari sinilah asal kalori kosong. Camilan manis, meski dalam jumlah kecil, hanya meningkatkan nafsu makan, tidak memenuhi tubuh dengan nutrisi yang bermanfaat. Kurangilah karbohidrat  dan cobalah untuk lebih banyak mengkonsumsi makanan sehat.

3. Kurang Tidur

Jangan begadang terus, ya. (BRIGHT SIDE)

Dengan tidur selama 7-8 jam setiap harinya akan membuat kamu tidur nyenyak tanpa kelaparan di tengah malam. Pada malam hari tubuh kita memproduksi hormon melatonin, yang bertanggung jawab untuk kinerja organ tubuh tapi juga penampilan kita. Sebaiknya tidurlah sebelum tengah malam agar besoknya kamu bisa terlihat segar dan cantik.

4. Kebiasaan Saat Stres

Kalau stress pilihlah aktivitas yang bermanfaat. (BRIGHT SIDE)

Ada dua kategori orang dalam menghadapi stres: ada yang tidak bisa makan, ada juga yang malah banyak makan untuk mengurangi stres. Buat kamu yang masuk kategori kedua maka poin ini harus kamu perhatikan.

Kamu harus mengingat bahwa stres bukanlah alasan untuk bebas makan apa saja. sebagai gantinya kamu bisa hubungi kerabat kamu, bicaralah tentang hal-hal yang menyenangkan, jalan-jalan di taman, pergi untuk berolahraga, membaca buku yang menarik, atau menonton acara TV yang menarik. Lakukan sesuatu yang berguna alih-alih memakan semua yang ada dihadapan kamu.

5. Kurang Protein

Perhatikan asupan protein kamu, ya. (BRIGHT SIDE)

Jangan lupa untuk memasukkan protein ke dalam menu diet kamu karena ini akan menambah semangat, energi, dan rasa kenyang. Sayuran dan buah tentu saja bagus, tapi protein adalah dasar diet. Kamu bisa mengkonsumsi yogurt Yunani, daging tanpa lemak, ayam, telur, dan banyak produk lain untuk mengisi protein.

6. Kurang Lemak Baik

Asupan lemak baik juga harus ada, loh. (BRIGHT SIDE)

Ada berbagai jenis lemak. Makanan cepat saji, digoreng, berlemak, diasap, dan makanan bertepung sebaiknya hanya dikonsumsi pada acara-acara khusus. Tapi lemak baik atau bermanfaat harus ada dalam daftar belanja mingguan kamu: minyak zaitun, ikan merah, kacang-kacangan, alpukat, dan biji-bijian. Jangan sampai kamu lupa dengan lemak baik tersebut. Soalnya lemak baik ini berperan penting dalam diet kamu agar badan ideal bisa kamu dapatkan.

7. Jadwal Makan yang Buruk

Jangan lewatkan waktu makan. (BRIGHT SIDE)

Biasanya, kita harus makan 5 kali sehari: sarapan pagi, makan siang, makan malam, dan 2 makanan ringan. Kamu tidak boleh melewatkan mereka. Sebaiknya porsi makan juga dikurangi menjadi porsi yang lebih kecil dari biasanya.

8. Instagram 

Batasi waktu browsing Instagram. (BRIGHT SIDE)

Tahu enggak sih, ternyata tren memposting foto makanan di instagram itu membuat kita terus-menerus berpikir tentang makanan. Dengan meilhat-lihat foto makanan di Instagram kamu bisa merasa lapar. Sebaiknya kurangi kebiasaan kamu dalam meilhat foto-foto makanan lezat di Instagram.

9. Ngemil di Mana Saja

Biasakan makan dengan suasana santai dan tenang. (BRIGHT SIDE)

Sejak kecil kita diajarkan untuk tidak terburu-buru ketika makan di meja makan. Ternyata hal ini bukan hanya larangan orang tua, tapi juga merupakan aturan penting ketika makan. Makan terlalu cepat membuat tubuh kita kesulitan mendeteksi makanan yang masuk dan akhirnya membuat kita selalu merasa lapar. Cobalah makan dengan santai, nikmati makanan kamu. Satu hal lagi yang dapat mencegah rasa lapar berlebih adalah dengan mengunyah makanan kamu lebih lama. Trik ini dapat menipu tubuh agar bisa merasa kenyang lebih lama.

BRIGHT SIDE

 

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments