hero
Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabumi Raka, dan Kahiyang Ayu. (ANTARA/Mohammad Ayudha)

EDITOR : ALFIAN SYAFRIL

18 September 2017, 08:00 WIB

SOLO, INDONESIA

Presiden Joko Widodo menunjuk anak pertamanya Gibran Rakabuming Raka sebagai juru bicara keluarga terkait pernikahan Kahiyang Ayu. Debut Gibran dimulai saat jumpa pers rencana pernikahan adiknya itu.

"Ini juru bicaranya Gibran, bukan saya juru bicaranya. Mas Gibran silakan,” kata Presiden seperti disampaikan Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin dalam keterangan tertulisnya, Minggu 17 September 2017.

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi. (ANTARA/Mohammad Ayudha)

Usai memperkenalkan Gibran, Presiden meninggalkan ruangan konferensi pers di kediaman pribadinya di Kelurahan Sumber, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah.

Di dalam ruangan, Gibran dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo duduk mengapit calon manten, Kahiyang Ayu. Sementara Kaesang Pangarep, anak bungsu Jokowi dan Iriana, berdiri di belakang kursi ibunya.

Dalam jumpa pers, Gibran langsung menjelaskan secara singkat mengenai pernikahan Kahiyang. "Jadi nanti adik saya Kahiyang akan melangsungkan pernikahan pada tanggal 8 November 2017. Acaranya di Solo di gedung Graha Sabha Buana," kata Gibran.

Ibu Negara Iriana Jokowi dan Gibran mengapit Kahiyang Ayu. (ANTARA/Mohammad Ayudha)

Rangkaian acara pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution akan dimulai pada Selasa, 7 November 2017. “Hari Selasanya kita siraman dan midodareni. Hari Rabu pagi akad, terus setelah itu dilanjutkan dengan resepsi,” sambung Gibran. 

Menurut Gibran persiapan sejauh ini sudah 80 persen. Rencananya, pernikahan Kahiyang akan menggunakan adat tradisional Jawa. “Jadi pakai gedung sendiri dan katering sendiri, sudah itu saja. Prosesnya kurang lebih sama dengan saya dua tahun yang lalu," katanya.

Gibran saat menjelaskan pernikahan adiknya di konferensi pers. (Biro Pers Setpres)

Adapun alasan pemilihan tanggal 8 November 2017 yang jatuh pada hari Rabu, dikarenakan jadwal gedung yang sudah penuh. "Ini memang ada hitung-hitungannya, tanggal baiknya. Tapi yang paling menentukan itu karena Sabtu dan Minggu itu tidak bisa, penuh terus. Dulu juga saya hari Kamis," ujar Gibran.  

Saat Gibran tengah berbicara kepada jurnalis, tiba-tiba Presiden Jokowi menyelinap di antara wartawan dan tampak sesekali tersenyum. Bahkan para wartawan tidak mengetahui jika Presiden ada di antara mereka hingga menjelang berakhirnya konferensi pers.

Presiden Jokowi menyaksikan saat Gibran menjadi juru bicara dari posisi wartawan. (Biro Pers Setpres)

Gibran juga menjelaskan kepada wartawan bahwa untuk peliputan pernikahan Kahiyang akan disediakan media center.

"Nanti kami sediakan media center untuk teman-teman wartawan. Nanti kami update terus, menu-menunya, konsep-konsepnya. Nanti saya share juga foto-fotonya. Aktifnya menjelang hari-H. Ini kan masih dua bulan," kata Gibran.

ANGGA EKA | BIRO PERS SETPRES 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments