hero
Warga Jepang melihat dari tayangan televisi rudal yang diluncurkan Korea Utara. (REUTERS/Issei Kato)

EDITOR : REZA ADITYA

15 September 2017, 13:15 WIB

KOREA UTARA

Korea Utara kembali bikin Jepang dan negara kawasan keki. Negeri Juche itu meluncurkan rudal dari distrik Sunan, Pyongyang. Peluru kendali itu ditembak melintasi Hokkaido, Jepang, pada Jumat, 15 September 2017 pagi.

"Rudal itu terbang melintas di atas Jepang dan mendarat di Pasifik, dengan jarak 2.00 kilometer sebelah timur Hokkaido," kata Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga, seperti dilansir Reuters."

Masyarakat Jepang melihat peluncuran rudal Korea Utara. (REUTERS/Issei Kato)



BACA JUGA:
Jepang Tak Terima Rudal Korut Lewati Negaranya
Ini Dia Guam, Sasaran Rudal Korea Utara

Akibat peluncuran rudal itu, Jepang kewalahan. Suga mengatakan negaranya langsung mengumumkan kondisi darurat kepada warga negaranya, khususnya yang berada di sebelah utara Negeri Sakura. 

"Peringatan kepada warga Jepang melalui telepon seluler dan juga tayangan televisi," kata Suga. "Mereka kami minta untuk berlindung."

Warga Jepang menyaksikan tayangan peluncuran rudal Korea Utara. (REUTERS/Issei Kato)

 

Laporan militer Korea Selatan, rudal yang diluncurkan Korea Utara tak terdeteksi jenisnya. Namun peluru kendali itu terbang di ketinggian 770 kilometer dengan durasi 19 menit. Rudal jatuh setelah menempuh jarak 3.700 kilometer.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dongkol dengan arogansi Korea Utara. Dia tidak diterima negaranya diperlakukan semena-mena seperti itu.

"Masyarakat internasional perlu berkumpul dan mengirim pesan yang jelas ke Korea Utara bahwa ini mengancam perdamaian," ujar Abe. "Kami tidak terima dengan peluncuran ini."

Jepang siaga setelah rudal Korea Utara melintasi negaranya. (REUTERS/Issei Kato)

 

Ini merupakan kali kedua Korea Utara unjuk gigi dengan menerbangkan rudal di atas Jepang. Bulan kemarin, Negeri Sosialis itu menembakkan rudal jarak menengah atau yang disebut Hwasong-12.

Sejumlah pengamat militer menyebut rudal terbaru yang ditembakkan Korea Utara bisa menempuh pangkalan militer Amerika Serikat di Guam.  

REUTERS | YONHAP

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments