hero
Kobe Bryant. (REUTERS)

EDITOR : ALFIAN SYAFRIL

14 September 2017, 06:15 WIB

AMERIKA SERIKAT

Klub National Basketball Association (NBA) Los Angeles Lakers mempensiunkan dua nomor punggung yang dikenakan pemain legendarisnya Kobe Bryant. Lakers mengumumkan mempesiunkan nomor punggung 8 dan 24 yang pernah dipakai Kobe pada Rabu, 13 September 2017.

Kobe memperkuat Lakers selama dua dekade. Pada 10 musim pertamanya (1996/1997-2005-2006), Kobe memakai jersey nomor 8. Sementara nomor 24 digunakan pada 10 musim kedua (2006/2007-2015/2016).

Kobe Bryant menggunakan nomor 8 di jersey LA Lakers. (REUTERS)

Langkah klub basket yang bermarkas di Staples Center itu diambil untuk menghormati jasa Kobe pada mereka. Acara resmi menggantung nomor punggung 8 dan 24 di langit-langit Staples Center itu akan digelar pada 18 Desember 2017 mendatang. Seremoni gantung jersey itu akan dilakukan saat jeda pertandingan melawan Golden State Warriors.

"Saya selalu memimpikan jersey tergantung di langit-langit Lakers, tapi saya tidak pernah membayangkan bakal ada dua nomor," kata Kobe.

Selama membela LA Lakers,  small forward berjuluk "Black Mamba" itu menyumbangkan lima gelar NBA. Ia tercatat sebagai pencetak poin tertinggi Lakers sepanjang masa. Sementara di NBA ia adalah pembuat poin tertinggi ketiga dengan 33,643 poin, setelah Kareem Abdul-Jabbar dan Karl Malone. 

Nomor 24 dipilih Kobe saat 10 musim terakhirnya bersama Lakers. (REUTERS)

"Lakers memberikan sebuah kehormatan besar pada saya. Saya bersyukur atas antusiasme para penggemar di sekitar pertandingan selama ini," ujar Kobe seperti dikutip laman ESPN.

Sebelum Kobe, ada pemain Lakers yang mendapat kehormatan serupa. Kobe adalah orang kesepuluh Shaquille O'Neal (34), Wilt Chamberlain (13), Elgin Baylor (22), Gail Goodrich (25), dan Magic Johnson (32). Kemudian ada Abdul-Jabbar (33), James Worthy (42), Jerry West (44) dan Jamaal Wilkes (52).

Lakers menilai Kobe pantas disejajarkan dengan para legenda lainnya. "Penghargaan ini sangat layak, Kobe adalah salah satu pemain hebat Lakers dan terbaik NBA sepanjang masa. Saya berharap dapat melihat kedua jerseynya harus pensiun dalam perayaan hari istimewa," ujar Presiden Operasional LA Lakers Earvin Magic Johnson selaku seperti dilansir laman NBA.

Kobe saat memenangi juara NBA tahun 2010. (REUTERS)

Sepanjang karir profesionalnya di NBA, Lakers adalah satu-satunya klub yang diperkuat Kobe. Ia dua kali merebut MVP Finals serta sekali MVP musim reguler. Kobe terpilih masuk NBA All-Star sebanyak 18 kali dengan empat diantaranya menjadi MVP.

BANDHA PRASETYO | ESPN | NBA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments