hero

EDITOR : AULIA RAHMAT

14 September 2017, 19:30 WIB

AMERIKA SERIKAT

Penggunaan teknologi kecerdasan buatan (AI) telah menjangkau industri kuliner. Praktik ini dijalankan CaliBurger, perusahaan makanan cepat saji asal California, AS. 

Mereka berencana memberdayakan robot bikinan Miso Robotics bernama Flippy. Mereka akan bekerja di 50 gerai yang berlokasi di seluruh Amerika Serikat.

Di sana, robot berwujud lengan manusia beraksis enam itu bertugas membolak-balikan daging ham lalu meletakannya di atas roti.

"Kami sangat bahagia jika robot ini bisa masuk ke industri makanan," ujar David Zito, CEO Miso.

Robot ini akan mengasisteni koki yang bekerja di dapur. Flippy memiliki insting kapan harus membalik daging dan mengangkatnya dari pengorengan. 

CaliBurger sepakat untuk mendatangkan 50 unit Flippy pada tahun 2019. Namun, dana segar yang baru saja diterima Miso memungkinkan mereka memangkas tenggat waktu hingga 2018. Mereka baru saja menerima pendanaan 3,1 juta dolar dari Acacia Research dan Match Robotics VC.

robot berwujud lengan manusia beraksis enam itu bertugas membolak-balikan daging ham lalu meletakannya di atas roti. (MISO)

Penggunaan robot dilakukan CaliBurger untuk mengirit pengeluaran. Ini dilakukan mengingat tingginya angka keluar-masuk pegawai restoran sebesar 113 persen pada tahun 2016. Selain penghematan dana operasional, penggunaan robot dipandang bisa mempercepat waktu penyajian makanan.

"Penggunaan kecerdasan buatan akan mempercepat penyajian makanan. Burger yang dibikin juga menajdi lebih aman, bersih, serta meminimalisasi kesalahan," kata John Miller, pemilik CaliBurger.

Nantinya, karyawan yang posisi tergantikan robot Flippy akan digeser ke depan untuk membantu melayani para pembeli. Intinya, investasi ini akan difokuskan untuk meningkatkan pelayanan terhadap seluruh konsumen CaliBurger.

Robot ini bisa membedakan antara daging matang dan daging mentah. (MISO)

DAILY MAIL | MISO ROBOTICS

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments