hero
Ilustrasi pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. (NET.Z/Said)

EDITOR : REZA ADITYA

13 September 2017, 09:30 WIB

KOREA UTARA

Pemerintah Korea Utara mengeluarkan pernyataan yang mengancam Amerika Serikat. Dalam keterangan yang dilansir situs KCNA, mereka akan membuat AS menderita kesakitan akibat mengusulkan pemberian sanksi untuk Pyongyang.

"Sanksi itu bentuk provokasi kejam, yang ditujukan merampas hak formal Korea Utara untuk membela diri," demikan pernyataan yang dikutip kembali oleh Al Jazeera, Rabu, 13 September 2017.  

Pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un. (KCNA)



BACA JUGA:
Putin Sebut Korut Lebih Suka Makan Rumput
AS Ingin Miskinkan Kim Jong-un

Dalam pernyataan itu, AS dituding membunuh secara perlahan rakyat Korea Utara. "Karena kebijakan memblokade ekonomi secara penuh."

Duta Besar Korea Utara untuk Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) Han Tae Song kemarin juga menyatakan kekesalannya atas sanksi baru yang dijatuhkan Dewan Keamanan PBB. Dia menilai AS semena-mena mengusulkan sanksi.

"Langkah-langkah ke depannya, akan menjadikan AS menderita rasa sakit paling parah sepanjang sejarah," kata Song." Selasa, 12 September 2017 waktu setempat.

Pernyataan Song keluar setelah Dewan Keamanan PBB sepakat dalam voting untuk memberikan sanksi baru kepada Korea Utara pada Senin pekan ini. Usulan pemberian sanksi itu datang dari AS.

Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley yang mengusulkan memberikan sanksi baru untuk Korea Utara. (REUTERS/Joey Penney)

 

Isinya adalah melarang Negeri Sosialis itu mengimpor semua kondensat gas alam ke Pyongyang. Serta melarang seluruh ekspor tekstilnya. Beleid itu juga berisi imbauan kepada seluruh negara anggota PBB tidak mempekerjakan warga negara Korea Utara.

Song menilai resolusi sanksi itu ilegal. Dia menuding Washington sengaja ingin perang dengan negaranya tak hanya dari segi militer.  "Tapi dari segi politik, ekonomi. Kami siap menggunakan sarana utama kekuatan untuk melawan."

REUTERS | AL JAZEERA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments