hero

EDITOR : ALFIAN SYAFRIL

13 September 2017, 19:10 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, Komisi Pemberantasan Korupsi memiliki tantangan besar dalam pemberantasan korupsi. Menurut SBY, musuh KPK juga tidak sedikit. Karena itu SBY berharap KPK tetap kuat melaksanakan tugas menindak pelaku tindak pidana korupsi.

"Mohon disampaikan kepada para komisioner yang lain agar jajaran KPK tetap kuat, tegar, dan menjaga integritasnya," kata SBY saat diskusi "Sistem Integritas Partai Politik" di Kantor DPP Demokrat, Jakarta, Rabu, 13 September 2017.

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan (kanan) dan Ketum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (tengah) di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta. (ANTARA/Aprillio Akbar)

Presiden Indonesia ke-6 itu juga mengingatkan KPK untuk menolak segala bentuk intervensi dari pihak mana pun.  SBY juga menyatakan Partai Demokrat mendukung penuh dan menolak pelemahan KPK.

"Saya tahu saya bukan anak kemarin sore dalam dunia politik, kehidupan kenegaraan dan pemerintahan. Apapun alasan dan dalihnya, kalau itu untuk melemahkan KPK rakyat tahu, kita tahu dan Demokrat sekali lagi menolak pelemahan KPK. Apalagi kalau ada yang ingin membekukan atau membubarkan KPK," ujar SBY.

Sementara Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan yang hadir dalam diskusi tersebut menyinggung soal integritas partai politik. Menurut Basaria, berdasarkan hasil survei, kepercayaan publik terhadap parpol masih rendah. Pasalnya, lanjut dia, berbagai kasus korupsi masih melibatkan sejumlah kader partai politik.

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan. (NET/Havizh Baihaki)

Basaria menyatakan harus ada pembenahan dalam partai politik. Pertama soal kode etik kader dan parpol, kedua rekrutmen dan kaderisasi, pendanaan dan masalah transparansi, dan terakhir akuntabilitas sumber dana partai itu sendiri.

"Ini kira-kira permasalahan yang ditemukan oleh KPK. Sehingga nantinya ada beberapa rekomendasi yang diberikan oleh KPK," jelas Basaria. 

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan (tengah) berjabat tangan dengan Susilo Bambang Yudhoyono. (ANTARA/Aprillio Akbar)

Saat membicarakan politik berintegritas ini, Basaria melontarkan pujian kepada Partai Demokrat. "Partai Demokrat yang paling maju tentang masalah integritas ini. Bahkan sudah ada departemen yang khusus berhubungan dengan KPK dan sudah dilakukan berulang kali," pungkasnya.

NABILLA PUTERI

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments