hero

EDITOR : AULIA RAHMAT

13 September 2017, 19:30 WIB

SPANYOL

Angkatan Laut Indonesia memiliki kapal latih baru bernama KRI Bima Suci. Kapal layar bertipe bark (barque) ini baru diresmikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi di Dermaga Vigo, Spanyol, Selasa, 12 September 2017.

Kapal ini akan menggantikan KRI Dewaruci yang telah beroperasi sejak tahun 1953. Bima Suci akan beroperasi sebagai kapal latih bagi kadet Akademi Angkatan Laut (AAL) Surabaya.

Pelantikan Komandan KRI Dewaruci oleh KSAL. (DISPENAL)

Serah terima kapal bersamaan dengan pelantikan Letkol Laut Widyatmoko Barun Aji sebagai komandan pertama KRI Bima Suci. Usai pelantikan, kapal ini akan menjalankan misi perdananya memboyong 119 kadet angkatan laut menyebrang dari Spanyol menuju Surabaya. 

Taruna Akademi Angkatan Laut angkatan 64 itu akan  melakukan pelayaran muhibah bertajuk Kartika Jala Krida (KJK) 2017. Di sepanjang perjalanan mereka akan menjalani kerja praktek mengamalkan ilmu yang telah dipelajari di kapal militer sungguhan. Menurut rencana, KRI Bima Suci akan tiba di Tanjung Perak Surabaya pada 24 November 2017 mendatang.

Kapal ini akan menggantikan KRI Dewaruci yang telah beroperasi sejak tahun 1953. (DISPENAL)

KRI Bima Suci dibuat oleh galangan kapal ternama asal Spanyol Freire Shipyard. Dibanding Dewaruci, Bima Suci memiliki teknologi yang jauh lebih canggih. Ia dilengkapi instrumen navigasi dan komunikasi berbasis digital serta alat pemurnian air laut menjadi air tawar.

Jika dilihat dari luar dimensi kapal ini sedikit lebih besar dari Dewaruci. Bima Suci memiliki panjang total 111,2 meter, lebar 13,65 meter, kedalaman draft 5,95 meter, tinggi tiang layar maksimal 49 meter, serta dek setinggi 9,2 meter dari permukan laut. Kapal kelas bark tiga tiang itu memiliki 26 layar dengan luas keseluruhan 3352 meter persegi. 

Angkatan Laut Indonesia memiliki kapal latih baru bernama KRI Bima Suci. (DISPENAL)

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments