hero
(The Singapore Women's Weekly)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

13 September 2017, 13:40 WIB

SINGAPURA

Singapura memiliki presiden baru, Halimah Yacob. Perempuan kelahiran 23 Agustus 1954 ini dikenal sebagai aktivis buruh sekaligus politisi handal di Negeri Merlion itu.

Tapi di balik kesuksesan karir politiknya, Halimah ternyata punya kisah lain yang menarik untuk dikulik. Berikut ini beberapa fakta unik dan inspiratif dari istri pengusaha Mohammed Abdullah Alhabshee tersebut:

Presiden yang tinggal di rusun.

(The Straits Times)

Meskipun karirnya sebagai politisi cukup cemerlang, namun tak Halimah tetap hidup sederhana. Hal itu bisa dilihat dari tempat tinggalnya. Ia bersama suami dan lima orang anaknya memilih tinggal di rumah susun atau flat.

Rumah susun tersebut berada di kawasan Yishun, sebelah utara Singapura dengan lima kamar tidur. Ia bersama keluarganya telah tinggal di rumah tersebut lebih dari 30 tahun. Bahkan, meskipun menjadi presiden, Halimah tetap ingin tinggal di rusun.

"Saya tidak melihat mengapa saya tidak dapat melanjutkan, kecuali ada pertimbangan lain seperti keamanan," ujar Halimah seperti dilansir oleh The Straits Times pada 7 Agustus 2017 lalu.

Jualan Nasi Padang.

 (Coconuts Media)

Masa kecil Presiden terpilih Singapura Halimah Yacob sangat miskin. Halimah Lahir di Queen Street yang terletak di area Bugis. Ketika baru berusia 8 tahun, ayahnya meninggal dunia. Untuk menyambung hidup, ibu Halimah berjualan Nasi Padang menggunakan gerobak kecil.

Meskipun sebagai anak bungsu, Halimah tak malu untuk membantu berjualan. Ia kerap ikut terjun langsung melayani pelanggan sembari membersihkan lokasi jualan.

Dapat beasiswa dan sekolah elite.

(The Straits Times)

Lahir dari keluarga miskin tak membuat Halimah mengabaikan pendidikannya. Berkat kerja kerasnya ia diterima di dua sekolah bergengsi. Yaitu SMP Chinese Girls’ School yang mayoritasnya adalah pelajar wanita beretnis China dan SMA Tanjong Katong Girls’ School.

Perjalanan hidup Halimah tak semudah yang dibayangkan. Saat SMP dan SMA ia hampir dikeluarkan dari sekolah, karena sering membolos demi membantu ibunya berjualan. Halimah juga kerap menunggak uang sekolah karena keterbatasan ekonomi.

Usai lulus SMA, Halimah kemudian melanjutkan pendidikannya ke Fakultas Hukum Universitas Singapura yang sekarang berganti nama menjadi National University of Singapore. Seluruh biaya pendidikannya ia peroleh dari Islamic Religious Council of Singapore.

Wanita pertama yang jadi Presiden Singapura.

(The Straits Times)

Pelantikan Halimah menjadi Presiden Singapura dilakukan pada Rabu, 13 September 2017. Ia menggantikan posisi Tony Tan, yang telah 6 tahun menjabat sebagai presiden.
 
Mantan Ketua Parlemen Singapura ini menjadi keturunan Melayu sekaligus wanita pertama yang menduduki jabatan presiden dalam kurun 47 tahun terakhir atau semenjak negara itu merdeka. Nama Halimah Yacob akan tercatat dalam perjalanan  sejarah pemerintahan Singapura.

STAITSTIMES | BBC | WIKIPEDIA

6

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments