hero
Gubernir DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat. (NET)

EDITOR : REZA ADITYA

12 September 2017, 11:30 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat memastikan Rumah Sakit Mitra Keluarga Kalideres akan diberikan sanksi terkait dugaan kelalaian mengabaikan bayi Tiara Debora hingga meninggal. Sanksi itu diberikan sesuai dengan tingkat kelalalaiannya.

"Pasti ada sanksi, kami lihat izinnya," kata Djarot, di kantornya, Selasa, 12 September 2017. "Kalau rumah sakit tipe C dan B non-pendidikan itu izinnya ada di pemerintah provinsi dan kami punya badan pengawas rumah sakit."

Rudianto Simanjorang dan Henny Silalahi, orang tua Debora. (NET)

 

BACA JUGA:
Kisah Pilu Bayi Debora
Keluarga Debora Tuding RS Mitra Keluarga Bohong

Djarot mengatakan Mitra Keluarga harus diberi sanksi karena dianggap tak sesuai dengan misi utamanya, yaitu menyelamatkan nyawa pasien. Rumah sakit, kata Djarot, dinilai mengabaikan pasien hingga meninggal dunia.

"Kalau memang betul seperti itu terjadi, maka paling tidak sanksi peringatan 1 dan 2," ujar politikus PDI Perjuangan itu. "Tapi kalau kasusnya berat bisa langsung cabut izinnya."

Djarot juga meminta Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Koesmedi Priharto bertemu dengan pihak keluarga bayi Debora. "Kalau perlu ketemu pihak keluarga dan rumah sakit, untuk memberikan penjelasan," ujar dia.

RS Mitra Keluarga. (NET)

 

Mantan Wali Kota Blitar itu berharap kasus bayi Debora tak terulang dan menimpa warga lainnya. "Tidak boleh rumah sakit itu melakukan pemeriksaan yang mengada-ngada atau membenani pasien, memberatkan pasien," ujar Djarot.

Bayi Debora meninggal di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kalideres pada Ahad, 3 September 2017. Nyawanya tak terselamatkan karena orang tuanya, Rudianto Simanjorang dan Henny Silalahi tak sanggup membayar biaya PICU senilai Rp 19.800.000.

CHELZEA VERHOEVEN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments