hero

EDITOR : AULIA RAHMAT

12 September 2017, 12:30 WIB

INDIA

12 ekor kera liar mati mendadak di hutan Mohammdi, Provinsi Uttar Pradesh, India, Senin malam, 11 September 2017. Pemeriksaan post-mortem dari Rumah Sakit Hewan Mohammdi mengatakan, selusin kera mati karena serangan jantung. Terdapat gumpalan darah di bilik jantung mereka akibat kaget mendengar suara auman harimau. 

Seperti diketahui, kera tersebut mati tidak jauh dari sungai Katna, wilayah yang dikenal luas masuk ke dalam teritori harimau Bengal. Awalnya, penduduk lokal yang menemukan ke-12 bangkai itu bingung dan menduga kera mati akibat diracun oleh petani. Namun, dokter hewan tidak menemukan adanya racun di dalam tubuh kera. 

Hasil pemeriksaan juga tidak menemukan adanya luka. Peneliti yang menemukan beberapa kotoran dan jejak harimau tidak jauh dari lokasi kejadian segera menyimpulkan jika kematian disebabkan oleh harimau.

"Kera tersebut mati karena ditakut-takuti oleh harimau. Pada saat kejadian terdengar dua tiga kali auman harimau di lokasi kejadian," ujar SN Yadaf, petugas penjaga hutan Mohammdi kepada Times of India.

12 ekor kera liar mati mendadak di hutan Mohammdi, Provinsi Uttar Pradesh, India. (TOI)

Hasil post-mortem yang dilakukan rumah sakit mendapat tentangan dari ahli margasatwa India, Dr Brijendra Singh. Brijendra yang juga berprofesi sebagai dokter hewan mengatakan, kera merupakan hewan liar yang terbiasa hidup di alam. Primata tersebut tidak akan mungkin mati dengan cara demikian--kaget karena auman harimau.

Ia menduga, kera-kera mati karena terinfeksi virus, atau, akibat diracun--seperti dugaan awal warga lokal yang menemukan bangkai kera. Ia menambahkan, hewan yang paling sensitif terhadap auman harimau adalah rusa India. Meski sensitif, ia tak yakin jika auman harimau bisa menimbulkan kematian pada hewan-hewan liar tersebut.

TIMES OF INDIA
 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments