hero
Michelle Obama diyakini bisa kalahkan Trump. (REUTERS)

EDITOR : TITO SIANIPAR

11 September 2017, 17:10 WIB

AMERIKA SERIKAT

Mantan ibu negara Michelle Obama diunggulkan sebagai kandidat yang bisa menghadang Donald Trump di pemilihan presiden 2020. Istri Barack Obama itu punya popularitas paling tinggi melebihi kandidat lain. 

"Satu-satunya tokoh politik paling populer untuk mencapai kemenangan adalah Michelle Obama," kata analis politik Douglas Schoen, seperti dilansir Newsweek, 10 September 2017.

Popularitas Michelle Obama mencapai 65 persen, yang terbangun sejak ia menjadi ibu negara. Bersama suaminya Barack Obama, keduanya dianggap mampu mempersatukan partai untuk memenangi kembali kursi Kongres di tahun 2018 dan pemilihan presiden 2020.

"Partai Demokrat membutuhkan rencana alternatif untuk merebut kemenangan kembali," kata Schoen.

Barack dan Michelle Obama. (REUTERS)

Namun Schoen menolak tulisannya itu sebagai bentuk dukungan untuk Michelle, mengingat dia adalah salah satu kritikus Obama. Sebab meski Obama dinilainya meninggalkan warisan yang buruk bagi Demokrat, tapi Obama tetap menjadi simbol.

Dukungan untuk Michelle sejatinya mulai meningkat tahun lalu, setelah dia memukau penonton dengan berpidato di hari pertama konvensi Nasional Demokrat di Wells Fargo Center, 25 Juli 2016. Dia terlibat dalam kampanye Hillary Clinton demi mengganjal Donald Trump ke Gedung Putih. 

Namun dia menolak  mencalonkan diri, termasuk maju sebagai anggota senat AS pada tahun 2016. Padahal banyak politisi Demokrat yang saat itu mendorongnya. 

Michelle Obama. (INSTAGRAM/michelleobama)

Dalam sebuah wawancara dengan Oprah Winfrey Desember 2016, ia belum memutuskan untuk mencalonkan diri. "Orang belum mengerti betapa sulitnya ini. Dan tentu Anda tak berharap keluarga kami mencalonkan untuk kedua kali," kata dia.

Keengganan Michelle mencalonkan diri pernah disampaikan Kate Andersen Brower, penulis buku 'First Women: The Grace and Power of America's Modern'. Menurut dia, Michelle ibu negara yang sederhana dan tidak menyukai permainan politik.

"Itulah sebabnya ia menjadi tipe ibu negara yang berbeda, misalnya dengan Hillary Clinton," kata Kate.

THE HILL | NEWSWEEK | DAILYMAIL | FORTUNE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments